Analisis peran pembiayaan Mudharabah bagi penguatan ekonomi UMKM di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Risma, Maulanda Fatimah Azzahra (2023) Analisis peran pembiayaan Mudharabah bagi penguatan ekonomi UMKM di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risma Maulanda Fatimah Azzahra_G04219067_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan modal usaha merupakan pemberian dana dari satu pihak ke pihak yang lainnya guna keperluan modal usaha. Sektor perbankan diharapkan dapat memberikan pembiayaan modal usaha pada sektor UMKM, namun karena terbatasnya kecukupan persyaratan UMKM dianggap tidak bankable. Oleh sebab itu dirasa perlu adanya lembaga keuangan yang dapat mencapai sektor UMKM, yang kemudian lahirlah lembaga keuangan syariah non bank yang berbentuk BMT, salah satunya yakni KSPPS BMT BUS Cabang Lamongan. Pembiayaan mudharabah menjadi salah satu fasilitas pembiayaan yang banyak diambil manfaatnya oleh para pelaku UMKM. Dengan bertambahnya modal usaha pelaku UMKM, tentunya, akan membantu laju perkembangan sebuah usaha yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pembiayaan mudharabah bagi penguatan ekonomi UMKM di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data dalam penelitian didapatkan dari sumber data primer dan sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun pengolahan data dilakukan dengan teknik editing, organizing, dan analyzing. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Mengenai teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni mengaplikasikan teknik triagulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pembiayaan mudharabah di KSPPS BMT BUS cabang lamongan terdiri dari tahapan yang kompleks dengan menggunakan analisis 5C, hal tersebut guna menghindari terjadinya kredit macet. Mengenai peran pembiayaan mudharabah di KSPPS BMT BUS Lamongan setidaknya dapat dilihat dari 3 peran yang diberikan yakni. Meningkatkan pertumbuhan usaha UMKM. Penguatan ekonomi UMKM. Pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak KSPPS BMT BUS Lamongan agar berkesinambungan dalam melakukan sosialisasi fasilitas jasa keuangan yang dimilikinya dengan tujuan agar semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadi anggota. Selain hal tersebut, diharapkan juga agar pihak KSPPS BMT BUS Lamongan lebih selektif dalam melakukan analisis kelayakan pembiayaan dengan prinsip 5C agar dana pembiayaan yang diberikan tepat sasaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Risma, Maulanda Fatimah Azzahrarismamaulanda@gmail.comG04219067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahadahmas@yahoo.co.id2105127801
Subjects: Mudarabah
Ekonomi Islam
Keywords: Pembiayaan mudharabah; mekanisme pembiayaan mudharabah; Penguatan ekonomi UMKM; KSPPS BMT BUS Lamongan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Risma Maulanda Fatimah Azzahra
Date Deposited: 29 May 2023 07:11
Last Modified: 29 May 2023 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62569

Actions (login required)

View Item View Item