Analisis hukum Islam terhadap praktik sewa-menyewa awangan di Dusun Keduran Desa Laladan Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Herawati, Anggita Putri (2023) Analisis hukum Islam terhadap praktik sewa-menyewa awangan di Dusun Keduran Desa Laladan Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggita Putri Herawati_C92219083_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan pola pikir induktif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi terkait dengan praktik sewa-menyewa awangan di Dusun Keduran Desa Laladan Kabupaten Lamongan. Data yang telah diperoleh akan dipaparkan, yang kemudian akan dianalisis menggunakan hukum Islam khususnya akad ijārah (sewa-menyewa). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, praktik sewa-menyewa awangan di Dusun Keduran Desa Laladan Kabupaten Lamongan terjadi antara Kepala Dusun Keduran (mu’ajir) dengan Pak Choiri dan Pak Ilhadi (musta’jir). Sewa-menyewa awangan di Dusun Keduran ini dilakukan setiap akhir tahun saat rapat akhir tahun dusun dan menggunakan sistem lelang untuk menentukan penyewa awangan. Terdapat 2 (dua) awangan dengan ukuran yang berbeda dan mempunyai sedikit perbedaan dalam hal pemanfaatannya. Manfaat utama dari objek sewa yaitu pengambilan ikan yang berada didalamnya, adapun manfaat lainnya bisa disewakan kembali, dan bisa untuk pemancingan umum berbayar (untuk awangan berukuran lebar 9 m dan panjang 500 m). Berdasarkan analisis hukum Islam praktik sewa-menyewa awangan di Dusun Keduran Desa Laladan Kabupaten Lamongan ini telah sesuai dengan hukum Islam, karena telah terpenuhinya rukun dan syarat akad ijārah. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka penulis menyarankan kepada pihak pemerintah Dusun Keduran diharapkan untuk melakukan pencatatan dalam setiap proses sewa-menyewa awangan supaya dapat dijadikan sebagai arsip dusun. Selain itu pihak pemerintah dusun diharapakan menambahkan poin terkait manfaat dari awangan dan jangka waktu sewa dalam surat perjanjian sewa-menyewa awangan. Kepada penyewa diharapkan, memperhatikan syarat dan ketentuan sewa dalam melakukan sewa-menyewa awangan. Serta tetap, melaksanakan kewajiban-kewajibannya sebagaimana yang telah disepakati bersama agar mendapatkan hak-haknya dan tidak ada pihak yang dirugikan dikemudian hari

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Herawati, Anggita Putrianggitaputri1709@gmail.comC92219083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHimami, Fatikulfatikul@uinsby.ac.id2023098002
Subjects: Hukum
Islam
Sewa
Keywords: Sewa menyewa; pencatatan sewa menyewa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Anggita Putri Herawati
Date Deposited: 23 May 2023 08:01
Last Modified: 23 May 2023 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62578

Actions (login required)

View Item View Item