Peran kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru di Madrasah ALiyah Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Minarika, Atiqotin (2023) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru di Madrasah ALiyah Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atiqotin Minarika_D73219046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peran kepala madrasah dalam kepemimpianannya sangat menentukan keberhasilan peningkatan etos kerja guru. Seorang kepala madrasah juga memiliki strategi tersendiri untuk meningkatkan etos kerja guru secara efektif dan efisien serta agar mudah dilakukan oleh setiap guru dan staffnya. Peran kepala madrasah diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan yang dimana kepala madrasah harus mampu memimpin, membimbing para guru dan staff serta mendorong kemajuan pembelajaran dan juga memberikan inspirasi untuk madrasah guna untuk meningkatkan etos kerjanya. Etos kerja seorang guru adalah etos kerja yang diintegrasikan kedalam kegiatan guru yang termotivasi oleh tujuan pendidikan. Fokus penelitian yang akan peneliti kembangkan dalam penelitian ini adalah 1) peran kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru di MA Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan, 2) Bentuk etos kerja guru di MA Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan, 3) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru di MA Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru di MA Tarbiyatut Tholabah adalah mampu membimbing, mengarahkan dan mendorong para guru maupun staf dan juga bisa menjadi tauladan bagi guru, maupun seluruh siswa guna menciptakan tujuan bersama. Bentuk etos kerja guru juga meningkat karena adanya dorongan langsung dari kepala madrasah, guru melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan silabus, guru bekerja ikhlas dengan penuh tanggung jawab, disiplin, bekerja penuh semangat, bekerja dengan cerdas penuh kreatifitas. Adapun strategi yang digunakan kepala madrasah yaitu dengan memberikan reward, memberikan perhatian lebih, melibatkan guru untuk ikut berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Minarika, Atiqotinminarikaatiqotin@gmail.comD73219046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Etos Kerja
Guru
Kepala Sekolah
Keywords: Peran kepala madrasah dan etos kerja guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Atiqotin Minarika
Date Deposited: 05 Jun 2023 05:27
Last Modified: 05 Jun 2023 05:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62589

Actions (login required)

View Item View Item