Penerapan metode pembelajaran steam untuk meningkatkan konsentrasi anak di RA Darun Najah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Hidayatur (2023) Penerapan metode pembelajaran steam untuk meningkatkan konsentrasi anak di RA Darun Najah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatur Rohmah_ D79219029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya konsentrasi pada anak usia 5-6 tahun RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo. Dari 16 anak hanya 4 anak yang mampu mendapatkan nilai konsentrasi sekurang-kurangnya Berkembang Sesuai Harapan. Metode dan media yang digunakan oleh guru saat proses belajar mengajar sangat kurang sehingga membuat anak merasa bosan dalam pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1). Bagaimana penerapan pembelajaran STEAM di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo? 2). Bagaimana peningkatan konsentrasi anak di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo setelah diterapkan pembelajaran STEAM?. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan (perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi). Pengumpulan data didapat melalui observasi wawancara dan teknik analisis data. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah 1) Penerapan metode pembelajaran STEAM di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo dapat dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil nilai aktivitas guru meningkat dari 71,5 pada siklus I menjadi 90,6 pada siklus II. Hasil nilai aktivitas anak meningkat dari 65,6 pada siklus I menjadi 81,2 pada siklus II. 2) ada peningkatan hasil konsentrasi anak usia 5-6 tahun di RA Darun Najah Sukodono Sidoarjo. Hal tersebut dari hasil prosentase anak yang mendapatkan nilai sekurangnya BSH pada siklus I yakni 56% dengan nilai rata-rata 67, 18 kemudian pada siklus II hasil konsentrasi meningkat dengan prosentase anak yang mendapatkan nilai sekurangnya BSH adalah 75% dengan nilai rata-rata 83,3. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas anak, serta hasil konsentrasi anak telah mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Hidayaturhidayaturrohmah32@gmail.comD79219029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Anak
Bimbingan Belajar
Anak > Kepribadian
Keywords: Pembelajaran steam; konsentrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hidayatur Rohmah
Date Deposited: 24 May 2023 07:56
Last Modified: 24 May 2023 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62591

Actions (login required)

View Item View Item