Studi tentang relasi musik gambus dan tazkiyatun nafs di Komunitas Kedai El Rumi, Sukolilo, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Annisa Himmawati Nailur (2023) Studi tentang relasi musik gambus dan tazkiyatun nafs di Komunitas Kedai El Rumi, Sukolilo, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Himmawati Nailur Rahmah_E77219040 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai bagaimana korelasi antara musik gambus dan upaya Tazkiyatun Nafs pada seseorang. Dimana diketahui sering kali musik hanya dianggap sebagai media hiburan semata dan minim manfaat religinya. Sedangkan daripada itu penelitian ini membuktikan bahwa musik gambus memiliki dampak yang luar biasa pada kehidupan musisi dan vokalisnya. Selanjutnya, penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang mengacu pada sumber primer yakni wawancara dan sekunder yakni penelitian terdahulu. Sehingga dituliskan dengan metode deskriptif-naratif berdasarkan hasil data yang ditemukan. Adapun hasil penelitian yang ditemukan, Gambus merupakan gitar berbentuk setengah lingkaran seperti telur yang berbalut kulit dan berasal dari Arab dan dinamakan sebagai gitar oud. Selain oud sebagai ciri utamanya, musik gambus menggunakan Bahasa Arab ditiap lagunya. Berbagai dampak yang terjadi pada musisi dan vokalis musik gambus sehingga dapat dikatakan bahwa gambus merupakan salah satu wasilah Tazkiyatun nafs seseorang. Seperti vokalis yang hijrah dari biasa memakai pakaian terbuka hingga menjadi tertutup, lingkungan yang aman nyaman dan sopan, rezeki yang terus mengalir tanda keberkahan ada didalamnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa musik gambus dapat dijadikan sebagai salah satu wasilah Tazkiyatun Nafs. Namun, penulis sadar masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi demi memperluas dan mendalam demi memperkaya literasi bagi peneliti selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Annisa Himmawati Nailurannisahimma6316@gmail.comE77219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJa'far, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Iman Kepada Allah
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Musik
Keywords: Musik gambus; tazkiyatun nafs; Kedai El Rumi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Annisa Himmawati Nailur Rahmah
Date Deposited: 25 May 2023 07:06
Last Modified: 25 May 2023 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62598

Actions (login required)

View Item View Item