Etika bisnis Islam pada CV. Oleindo Amana Sejahtera Indonesia dalam perspektif Imam Al-Ghazali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulani, Zulia Riska (2023) Etika bisnis Islam pada CV. Oleindo Amana Sejahtera Indonesia dalam perspektif Imam Al-Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulia Riska Maulani_G74219126.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bisnis merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan agar saling menguntungkan bagi pelakunya. Islam menyatakan etika dalam berbisnis harus sesuai dengan nilai-nilai syariah. Dalam kitab Ihya’ Ulumuddin Al-Ghazali menjelaskan etika dalam berbisnis yaitu al-dunya mazra’atul akhirah (dunia adalah ladang akhirat), Kemaslahatan, nilai-nilai kebaikan, jauh dari perbuatan riba. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pertama, faktor pendukung dan penghambat penerapan etika bisnis Islam pada CV. Oleindo Amana Sejahtera Indonesia. Kedua, etika bisnis Islam pada CV. Oleindo Amana Sejahtera Indonesia dalam prespektif Imam Al-Ghazali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada pemilik, karyawan, dan konsumen CV. Oleindo Amana Sejahtera Indonesia. Analisis data deskriptif yang digunakan yakni berupa proses menganalisis, menjabarkan serta meringkas fenomena atau kejadian dari data yang diperoleh lewat proses pengamatan langsung di lapangan atau wawancara. Hasil dari penelitian ini terdapat faktor pendukung dan penghambat penerapan etika bisnis Islam. Faktor pendukung terbagi menjadi dua faktor eksternal dan internal. faktor eksternal yaitu kerjasama yang baik dan kepuasan konsumen terhadap produk dan harga yang ditawarkan. faktor internal yaitu kepercayaan pemilik kepada Allah SWT, keadilan yang diberikan kepada pembeli, dan mayoritas konsumen seorang muslim. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurang maksimalnya pelayanan yang diberikan kepada pembeli disebabkan sikap karyawan yang berbeda-beda. Penerapan etika bisnis Islam pada CV. Oleindo Amana Sejahtera Indonesia dalam prespektif Imam Al-Ghazali yakni keutamaan mencari nafkah tidak boleh hanya mementingkan urusan duniawi melainkan untuk bekal di akhirat. Terdapat juga pemeliharaan kemaslahatan dari segi agama selalu mendahulukan sholat, zakat dan shodaqoh. Pemeliharaan jiwa ditinjau dari segi pemeliharaan kesehatan dan keselamatan kerja karyawan, pemeliharaan akal berupa larangan untuk minum minuman keras dan sejenisnya, pemeliharaan keturunan terdapat aturan dalam hal menikah dan larangan berzina, pemeliharaan harta diwujudkan dengan penerimaan upah yang adil bagi setiap karyawan. CV. Oleindo Amana Sejahtera Indonesia juga tidak mengambil keuntungan secara berlebihan serta menjual barang sesuai kuantitas dan kualitas sesuai kesepakatan sehingga dapat dikatakan telah menjauhi riba. Penelitian ini dapat memberikan saran kepada pihak CV. Oleindo Amana Sejahtera untuk memperbaiki etika bisnis Islam dan proses yang ada dalam perusahaan. Selain itu, diharapkan kepada perusahaan atau pelaku usaha lainnya agar dapat menerapkan etika bisnis Islam dengan baik dan benar sesuai dengan ajaran Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulani, Zulia Riskazuliariska18@gmail.comG74219126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoiflathoif@uinsby.ac.id2003117501
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Hukum Islam > Jual Beli
Dagang > Hukum, Dagang
Keywords: Etika bisnis Islam; pemikiran al-Ghazali
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Zulia Riska Maulani
Date Deposited: 29 May 2023 02:36
Last Modified: 08 Jul 2023 01:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62610

Actions (login required)

View Item View Item