Peran guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achmad, Razkiyah Nur Alfina (2023) Peran guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Razkiyah Nur Alfina Achmad_D99219063 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan nilai – nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Manyar Gresik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas A2 dan guru kelas A6. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan penanaman NAM anak kelompok A dilakukan secara baik dan diawali dengan penyambutan anak hingga pulang sekolah. Adapun program yang diterapkan sekolah yaitu kegiatan pembiasaan seperti membaca shalawat Nabi, surat pendek, asmaul husna, berdoa sebelum dan sesudah makan dan belajar. Selain itu juga terdapat program keagamaan yaitu praktek shalat berjamaah, doa bersama, mengikuti PHBI dan program unggulannya yakni tahfidz. Walaupun masih terdapat beberapa anak yang belum terbiasa untuk berprilaku baik, tetapi pendidik selalu membimbing, mengingatkan dan mengarahkan anak dengan sabar melalui berbagai program atau kegiatan rutin dan pembiasaan lainnya. (2) Upaya guru dalam menanamkan NAM anak kelompok A dilakukan melalui berbagai latihan atau pembiasaan, aktifitas bermain dan pembelajaran. Dalam upaya tersebut guru menggunakan beberapa metode yang diantaranya metode bercerita, bernyanyi, karya wisata, pembiasaan, dan keteladanan dalam menanamkan nilai agama dan moral pada anak. (3) Capaian perkembangan anak kelompok A 90% berkembang dengan baik walaupun masih terdapat beberapa anak yang masih perlu untuk diingatkan kembali, karena tercapai tidaknya pekembangan NAM anak dapat di pengaruhi beberapa faktor, yaitu faktor pendukung dan penghambat dari orang tua

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achmad, Razkiyah Nur Alfinarazkyahnur@gmail.comD99219063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Peran guru; nilai agama dan moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Razkiyah Achmad
Date Deposited: 25 May 2023 06:01
Last Modified: 25 May 2023 06:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62612

Actions (login required)

View Item View Item