Peran majelis Al Anwar Sidoarjo dalam membentuk karakter religius remaja tiem khidmat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadillah, Maulana Rayhan (2023) Peran majelis Al Anwar Sidoarjo dalam membentuk karakter religius remaja tiem khidmat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulana Rayhan Fadillah_E07219016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji bahwasannya remaja tiem khidmat merupakan remaja yang awal mulanya berasal dari anak-anak yang dari luar atau mayoritas liar yang bergabung dalam majelis Al Anwar Sidoarjo dalam mengubah dan membentuk karakter religius. Peran majelis al anwar Sidoarjo sangat dibutuhkan juga oleh masyarakat maupun Remaja-remaja saat ini apalagi di era modern saat ini yang dimana didalamnya terdapat cara membentuk karakter religius, baik berhubungan dengan sesama manusia yang bersifat insaniyah maupun berhubungan dengan Allah SWT yang bersifat amaliyah. Majelis taklim merupakan suatu majelis ilmu alternatif yang tidak begitu formal atau non formal yang bertujuan untukmenambah ilmu pengetahuan agama bagi masyarakat sekitar dan khususnya bagi kalangan remaja saaat ini. Sedangkan karakter religius merupakan suatu dorongan yang dari luar untuk merubah dirinya menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi sekitarnya. Majelis Al Anwar Sidoarjo ini dilaksanakan langsung dengan ustad lora Anwar Musyadad. Beliau juga menerapkan terhadap remaja-remaja tiem khidmat ini selalu istiqamah datang dan hadir di majelis ilmu supaya timbul tersendiri karakter religiusnya, selain itu beliau menerapkan di majelisnya maupun di luar majelis mengenai bagaimana adab kepada orang yang lebih tua, cara berbicara, dan menahan amarah. Jangan hanya sekedar ikut-ikut an saja lalu menghilang. Pada penelitian kali ini, penulis memakai jenis penelitian kualitatif dengan menggunakanpendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari rumusan masalah dalam skripsi ini mengangkat 1) Bagaimana peran majelis Al Anwar dalam meembentuk karakter religius remaja tiem khidmat? 2)Apa yang menjadi faktor penghambat dan faktor pendukung majelis Al Anwar dalam membentuk karakter religius? Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis memakai teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan teori perubahan sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya Peran Majelis Al Anwar Sidoarjo Dalam Membentuk Karakter Religius Remaja Tiem Khidmat dengan kajian-kajian fiqh dan pembacaan shalawat Nabi sangatlah berguna sekali karena pada awalnya remaja-remaja saat ini kalau tidak dibentengi dan dibekali ilmu agama maka akan terjerumus ke jalan yang tidak benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadillah, Maulana Rayhanmaulanarayhan091@gmail.comE07219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmujitasmuji@uinsby.ac.id2027096201
Subjects: Akhlak
Anak
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Anak > Kepribadian
Keywords: Peran majelis al anwar sidoarjo; remaja tiem khidmat; karakter religius
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maulana Rayhan Fadillah
Date Deposited: 29 May 2023 03:08
Last Modified: 29 May 2023 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62623

Actions (login required)

View Item View Item