Uji antibakteri ekstrak SPONS Xestospongia sp. dari perairan Bhinor Paiton Jawa Timur terhadap bakteri patogen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakhi, Hermalita Azkiyah (2023) Uji antibakteri ekstrak SPONS Xestospongia sp. dari perairan Bhinor Paiton Jawa Timur terhadap bakteri patogen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hermalita Azkiyah Sakhi_H04219006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Spons merupakan hewan laut yang menempel pada terumbu karang yang memiliki potensi antibakteri terhadap bakteri patogen melalui metabolit sekunder yang terbentuk pada dirinya. Proses pengambilan sampel spons di desa Bhinor Paiton Jawa Timur dilakukan di perairan PLTU dan masih dalam wilayah yang terdampak kegiatan PLTU. Telah didapat 3 sampel spons dari wilayah perairan tersebut. Hasil identifikasi menunjukkan spons yang ditemukan yakni masuk dalam spesies Xestospongia hispida, Xestospongia muta, dan Xestospongia testudinaria. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak spons Xestospongia sp dan mengetahui hasil uji fitokimia ekstrak spons Xestospongia sp. Uji antibakteri menghasilkan zona hambat yang memiliki skala lemah hingga sedang, dengan lebar zona hambat berkisar 0 mm-9 mm. Sampel spons yang menghasilkan zona hambat paling tinggi ialah jenis spons Xestospongia testudinaria. Uji fitokimia yang dihasilkan yakni menunjukkan reaksi positif pada senyawa alkaloid yang diujikan dengan larutan Dragendorff serta HCL 1,1 N dan terbentuk endapan merah serta senyawa steroid yang diujikan dengan larutan Liebermann-Burchad, menghasilkan perubahan menjadi warna hijau. Sesuai dengan hasil perhitungan rata-rata dari rendemen sampel keseluruhan pada tabel 9 yakni 2%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakhi, Hermalita Azkiyahsakhihermalita30@gmail.comH04219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah17@gmail.com;201409003
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id2024088903
Subjects: Biologi
Ekonomi
Ilmu Kelautan
Keywords: Uji antibakteri; spons; bakteri patogen
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: hermalita azkiyah sakhi
Date Deposited: 22 May 2023 06:33
Last Modified: 22 May 2023 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62633

Actions (login required)

View Item View Item