Efektivas media sosial TikTok dalam penyebaran pesan dakwah bagi Remaja Desa Kesamben Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Robithotul (2022) Efektivas media sosial TikTok dalam penyebaran pesan dakwah bagi Remaja Desa Kesamben Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robithotul Islamiyah_B91218138_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya efektivitas media sosial TikTok dalam penyebaran pesan dakwah bagi remaja Desa Kesamben Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang dan seberapa besar tingkat keefektivan yang didapat.Untuk mendeskripsikan persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan analisis uji regresi non linear model kuadratik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat efektivitas media sosial TikTok dalam penyebaran pesan dakwah bagi remaja Desa Kesamben, (2) diperoleh persamaan kuadratik yaitu Y=18,846 – 0,053X + 0,006X2 (3) Tingkat efektivitas dari tabel R square sebesar 0,312 berada pada interval 0,20 – 0,399 yang berarti efek yang ditimbulkan lemah, angka yang tertera 0,312 sebesar 31% penyebaran pesan dakwah pada remaja desa Kesamben dipengaruhi oleh penggunaan aplikasi TikTok, sedangkan 69% dipengaruhi oleh faktor lain diluar aplikasi TikTok yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kepada peneliti selanjutnya yang ingin meneliti media sosial TikTok dalam penyebaran pesan dakwah, misalnya dengan meneliti pengaruh atau frekuensi kemudian mengaitkannya dengan teori serta efek yang akan dihasilkam. Karena media sosial akan terus berkembang dan penggunaannya akan terus mengalami perubahan. Bagi remaja Desa Kesamben meningkatan minat dan motivasi dalam berdakwah melalui media massa khususnya aplikasi TikTok perlu ditingkatkan. Perlu adanya keseimbangan antara penyebaran pesan dakwah dan hiburan semata. Seiring dengan berjalannya perkembangan zaman seharusnya dapat dimanfaatkan juga untuk aktifitas berdakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Robithotulhalloskingroup@gmail.comB91218138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Dakwah > Dakwah, Remaja
Media Sosial
Keywords: Media sosial Tiktok; Penyebaran pesan dakwah; dakwah;remaja.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Robithotul Islamiyah
Date Deposited: 29 May 2023 00:37
Last Modified: 29 May 2023 00:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62639

Actions (login required)

View Item View Item