Pendampingan kelompok ibu-ibu majelis Babul Washol dalam upaya meningkatkan kapasitas pengolahan Pelepah Pisang di Dusun Butoh, Desa Tulungagung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adi, Ridwan Marsetio (2023) Pendampingan kelompok ibu-ibu majelis Babul Washol dalam upaya meningkatkan kapasitas pengolahan Pelepah Pisang di Dusun Butoh, Desa Tulungagung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ridwan Marsetio Adi_B52219138_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendampingan ini dilakukan di Dusun Butoh, bertujuan untuk mengembangkan aset dan potensi yang ada di wilayah peneliti. Penelitian ini mengunakan metode ABCD (Asset Baset Communiti Developmen), yaitu mengembangkan aset yang dimiliki oleh kelompok. Tahapan ABCD memiliki lima tahap yaitu discovery, dream, define, design, dan destiny, pelaksanaan dari mengungkapkan kisah sukses pada masalalu kemudian membangun mimpi hingga merancang program. Tahapan dilakukan merupakan mengali potensi hingga aset yang dimiliki oleh kelompok. Penelitian ini berfokus dalam mengembangkan hasil alam, mengolah pelepah batang pisang menjadi keripik. Hasil dari pendampingan ini yaitu adanya perubahan pola pikir kemudian adanya skill pengolahan pelepah pisang, sehingga adanya pemanfaatan limbah batang pisang menjadi keripik. Peneliti mengajak secara partisipatif bersama kelompok, sebagaimana dalam dakwah bil hal mengajak dengan cara memperaktekan kepada objeknya. Menganalisis aset yang ada pada kelompok, sesuai penemuan aset bahwasanya kelompok memiliki aset alam berlimpah dari jenis tanaman padi, jagung, pisang, singkong, papaya, dan kelapa. Dari hasil analisis bersama, aset pohon pisang cukup banyak sehingga bersama kelompok sepakat mengolah pelepah pisang untuk meningkatkan kapasitas skill dalam mengelolah pelepah pisang menjadi keripik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adi, Ridwan Marsetioridwanmarsetioadi@gmail.comB52219138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Ekonomi
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Pendampingan; ABCD (Asset Baset Communiti Developmen); Dakwah Bil Hal; Batang Pisang; Kapasitas.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ridwan Marsetio Adi
Date Deposited: 29 May 2023 01:16
Last Modified: 29 May 2023 01:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62648

Actions (login required)

View Item View Item