Analisis sektor unggulan dan sektor potensial dalam pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gresik tahun 2017 – 2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Putri Dwi (2023) Analisis sektor unggulan dan sektor potensial dalam pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gresik tahun 2017 – 2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Dwi Lestari _ G71218049.pdf

Download (31MB)

Abstract

Pembangunan daerah biasanya dapat menunjukkan tingkat kesejahteraan masyarakat daerah. Suatu daerah dapat meningkatkan pembangunan ekonomi dengan mengembangkan sektor yang bisa menjadi andalan daerah tersebut dan sektor potensial yang dinilai memiliki kelayakan untuk di kembangkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mencari sektor unggulan dan potensial di Kabupaten Gresik sehingga pemerintah dapat memfokuskan arah kebijakannya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 17 sektor dari 2017-2021. Data yang diambil dari penelitian ini bersumber dari BPS Kabupaten Gresik Dan Provinsi Jawa Timur. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis Location Quotient (LQ), Model Rasio Pertumbuhan (MRP), typology klassen dan Teknik Overlay. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa yang menjadi sektor unggulan pada Kabupaten Gresik selama periode 2017 – 2021 yaitu industri pengolahan dan konstruksi. Sedangkan untuk sektor potensial ada 12 sektor, yaitu pertambangan, pengadaan listrik dan gas, pengadaan air, perdagangan besar, transportasi, penyediaan akomodasi, informasi dan komunikasi, jasa keuangan, real estate, jasa perusahaan, administrasi pemerintahan, jasa pendidikan dan kesehatan. Dari hasil penelitian ini diharapkan pemerintah daerah hendaknya memprioritaskan program pembangunannya untuk sektor potensial dan mempertahankan sektor unggulan sehingga dapat meningkatkan laju pertumbuhan perekonomian daerah tersebut serta mempunyai kemampuan daya saing yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Putri Dwiputriles04@gmail.comG71218049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim.febi@gmail.com2004087004
Subjects: Hukum Ekonomi
Kebijakan Publik
Penghasilan Daerah
Keywords: Sektor unggulan; sektor potensial; pertumbuhan ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Putri Dwi Lestari
Date Deposited: 25 May 2023 07:27
Last Modified: 25 May 2023 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62686

Actions (login required)

View Item View Item