Pengembangan media consience book untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan perasaan pada remaja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramesti, Talitha Ayu (2023) Pengembangan media consience book untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan perasaan pada remaja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Talitha Ayu Pramesti_B03219054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul dari terapi ekspresif untuk remaja yang mengalami sulit dalam pengungkapan perasaan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media yang mampu untuk meningkatkan kemampuan pengungkapan perasaan pada remaja dengan memperbaiki tingkat pengungkapan perasaan yang dialami remaja. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi pada model “Letter Sharing” dengan konsep penyampain perasaan melalui surat. Penelitian ini dilakukan dengan sepuluh tahapan, yakni (1) Analisis potensi dan masalah, (2) Perencanaan desain produk awal, (3) pengumpulan data yang didapat dari literatur dan pendapat urgensi masalah dari masyarakat luas, (4) validasi produk atau design oleh ahli. Perhitungan total yang didapat dari penilaian uji ahli yakni 85%. Nilai tersebut masuk pada kategori sangat bagus, (5) revisi desain, (6) uji coba produk. Dari hasil pemberian angket pretest dan posttest terdapat peningkatan poin. Perubahan tersebut dari 55 ke 60 dengan peningkatan 5 poin. Berdasarkan hasil tersebut maka media yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dalam proses konseling. Dengan fokus untuk meningkatkan pengungkapan perasaan pada remaja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramesti, Talitha AyuB03219054@student.uinsby.ac.idB03219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMierrina, Mierrinamierrina@uinsby.ac.id2013046803
Subjects: Bimbingan Konseling
Dakwah > Dakwah, Media
Remaja
Keywords: Terapi eskpersif; media buku harian; pengungkapan perasaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Talitha Ayu Pramesti
Date Deposited: 25 May 2023 05:22
Last Modified: 25 May 2023 05:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62690

Actions (login required)

View Item View Item