Membangun kesejahteraan nelayan payang teri melalui pengelolaan ikan sortir hasil tangkapan di Dusun Malaka Galaman Desa Padangdangan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Rudy (2023) Membangun kesejahteraan nelayan payang teri melalui pengelolaan ikan sortir hasil tangkapan di Dusun Malaka Galaman Desa Padangdangan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rudy Abdillah_B92217125.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus riset dalam penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam membangun kesejahteraan nelayan payang teri di Dusun Malaka Galaman Desa Padangdangan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. Kedua, untuk mengetahui hasil dari proses membangun kesejahteraan nelayan payang teri di Dusun Malaka Galaman Desa Padangdangan Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. Ketiga, untuk mengetahui relevansi dalam membangun kesejahteraan payang teri dengan dakwah pengembangan masyarakat Islam (PMI). Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti ini menggunakan metode ABCD (Aset Based Community Development). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Focus Group Discussion, wawancara, dan penelusuran wilayah. Teknik analisis data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan skala prioritas, dan sirkulasi keuangan. Jawaban dari fokus penelitian ini adalah pertama, Strategi pendampingan dilakukan dengan cara mengetahui keunggulan aset yang dimiliki oleh nelayan dilanjutkan dengan mengajak kelompok nelayan payang teri turut dalam menggali aset-aset yang dimiliki oleh mereka, menjelaskan bahwa aset yang dimiliki bisa dikembangkan lebih lanjut, melakukan perancangan kegiatan untuk mengembangkan aset yang ada. Kedua, Berhasil mewujudkan perubahan yang mana sebelumnya pendapatan nelayan payang teri stagnan tetapi setalah pendapingan pendapatan nelayan payang teri semakin meningkat. Dan bertambahnya skill nelayan dalam mengolah ikan hasil sortir dengan menghasilkan beberapa produkeperti viii petis, abon, rengginang dan menjual produk tersebut. Ketiga, Relevansi membangun kesejahteraan dengan dakwah PMI terwujud dalam nelayan bersyukur kepada Allah dengan memanfaatkan aset potensi yang telah diberikan Allah melalui ikan-ikan yang ada di laut. Dan nelayan dapat hidup mandiri dan berbisnis dengan cara yang baik dan benar sesuai syariat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Rudyrudyabdillah70@gmail.comB92217125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Kesejahteraan Sosial
Kemiskinan
Keywords: Kesejahteraan; pendampingan nelayan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: rudy abdillah
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:21
Last Modified: 06 Jun 2023 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62691

Actions (login required)

View Item View Item