Interelasi manusia dengan alam semesta dalam Tafsir Al Jawahir Fi Tafsir Al Quran Al Karim karya Tantawi Jauhari: perspektif filsafat Taoisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fachry, Muhammad Shibghotullah Hasani (2022) Interelasi manusia dengan alam semesta dalam Tafsir Al Jawahir Fi Tafsir Al Quran Al Karim karya Tantawi Jauhari: perspektif filsafat Taoisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Shibghotullah Hasani Fachry_E03215030 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tidak adanya sikap kesalingan yang harmoni antara manusia dan alam semesta oleh sebagain kelompok manusia yang apatis serta individualistik, dan menghiraukan kelestarian alam bahkan terjadinya bencana alam, bukan lagi sebuah new informtion. Fakta ini, memberikan kesan negatif yang sama sekali tidak memperlihatkan fakta sejarah. Bahwa ada titik tolak yang menguatkan hubungan antara manusia dan alam semesta sebagai ciptaan Allah.Proses penciptaan manusia dimuka bumi tidak lepas dari prasyarat utama keberlangsungan hidup, yakni keberadaan alam semesta. Segala materi di dalam bumi Allah ciptakan untuk kepentingan manusia, termasuk ketersediaan air dan tumbuh-tumbuhan diciptakan agar manusia bisa bertahan hidup. Walaupun banyak ayat yang melegitimasi alam semesta dan seisinya diperuntukkan kehidupan manusia seperti dalam Qs Al-baqarah ayat 291 , bukan berarti hal itu menjadi dalih manusia untuk mengeksploitasi kekayaan alam yang memungkinkan terjadi katastrofe, justru interelasi antara manusia dan alam semesta terikat secara etis untuk saling menjaga stabilitas ekosistem2 . Begitupun dalam filsafat Taoisme, sebagai sebuah ajaran terdapat hukum yang menghendaki penyelarasan diri dengan alam semesta, sebab dalam konsep “Tao”, memandang manusia sebagai mikro kosmos, apa yang ada dalam diri manusia juga terdapat dalam alam semesta3 . Berdasarkan penjelasan di atas, penulis tergugah untuk mencari titik tolak persamaan dan perbedaan antara tafsir Al-Jawahir Fi Tafsir Al-Qur’an Al-Karim yang bercorak saintifik dan ajaran filsafat Taoisme dalam menjelaskan interelasi manusia dan alam semesta, berdasarkan judul yang ingin penulis angkat. Dengan mengkomperasikan dua diskursus di atas, penulis juga ingin mengintegrasikan tiga paradigma (ilmu, agama dan filsafat) yang terinterkoneksi dalam fakultas Ushuluddin dan filsafat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fachry, Muhammad Shibghotullah Hasanihasanfachriey@gmail.comE03215030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarofah, MusyarofahUNSPECIFIED197106141998032002
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Manusia; alam semesta
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Shibghotullah Hasani Fachry
Date Deposited: 24 May 2023 07:24
Last Modified: 24 May 2023 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62702

Actions (login required)

View Item View Item