Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, inovasi dan perilaku konsumsi muslim terhadap adopsi cashless transaction pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulkifli, Muhammad Fariz (2023) Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, inovasi dan perilaku konsumsi muslim terhadap adopsi cashless transaction pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fariz Zulkifli_G94218202.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Inovasi Dan Perilaku Konsumsi Muslim Terhadap Adopsi Cashless Transaction Pada Mahasiswa Uin Sunan Ampel Surabaya” merupakan penelitian kuantitatif yang memiliki tujuan untuk menjelaskan pertanyaan tentang faktor yang mempengaruhi adopsi cashless transaction. Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini menjadi sangat pesat dan semakin memanjakan manusia, sehingga manusia semakin dipermudah dalam setiap kegiatannya. salah satu perkembangan teknologi lainnya yang dihasilkan untuk mempermudah manusia adalah transaksi yang dilakukan secara non tunai atau sering disebut sebagai cashless transaction. Peneliti tertarik untuk mengkaji faktor yang mempengaruhi pengguna untuk mengadopsi cashless transaction melalui 4 variabel yakni persepsi manfaat, persepsi kemudahan, inovasi dan perilaku konsumsi muslim. Metodologi penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif. Alat bantu yang digunakan pada penelitian ini menggunakan alat bantu IBM SPSS 26. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang pernah menggunakan cashless transaction kemudian data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada pengguna cashless transaction pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dengan total 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi manfaat dan perilaku konsumsi Islam secara pasrial tidak memiliki pengaruh terhadap adopsi cashless transaction, sedangkan variabel persepsi kemudahan dan inovasi secara parsial memiliki pengaruh terhadap adopsi cashless transaction. Sementara itu, variabel persepsi manfaat, persepsi kemudahan, inovasi dan perilaku konsumsi muslim secara simultan memiliki pengaruh terhadap adopsi cashless transaction. Saran untuk Bank Indonesia agar dapat meningkatkan edukasi dan sosialisasi terkait dengan cashless transaction baik kepada mahasiswa maupun masyarakat sehingga peralihan menjadi negara digital dapat dipercepat. Kemudian untuk peneliti mendatang diharapkan mengembangkan variabel penelitian tidak terfokus pada teori TAM saja, tetapi melakukan eksplorasi teori terbaru sehingga dapat menemukan faktor-faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap cashless transaction dan teknologi terbaru lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulkifli, Muhammad Farizfarizzulkifli17@gmail.comG94218202
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi
Keywords: Persepsi manfaat; persepsi kemudahan; inovasi; perilaku konsumsi muslim; adopsi cashless transaction
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Fariz Zulkifli
Date Deposited: 30 May 2023 03:37
Last Modified: 30 May 2023 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62712

Actions (login required)

View Item View Item