Pendampingan elompok jamiyah tahlil melalui pemanfaatan pekarangan sebagai kawasan rumah pangan lestari di Dusun Tanjung Desa Taman Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maftuhah, Maftuhah (2023) Pendampingan elompok jamiyah tahlil melalui pemanfaatan pekarangan sebagai kawasan rumah pangan lestari di Dusun Tanjung Desa Taman Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maftuhah_B02218017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dusun Tanjung merupakan salah satu dusun yang ada di Desa Taman yang mempunyai pekarangan yang belum di manfaatkan oleh masyarkat dibanding dusun lainya yang ada di Desa Taman. Hal ini sangat mendukung peneliti untuk memberikan pendampingan kepada kelompok jamiyah tahlil untuk mengelola pekarangan agar menjadi lahan produktif yang mampu menghasilkan kebutuhan masyarakat seperti menanam sayur, obat dan sebagainya. Oleh karena itu adanya pendampingan diperlukan terhadap kelompok jamiyah tahlil untuk memanfaatkan aset secara baik yang nantinya aset tersebut bisa bermanfaat secara berputar baik di dunia perkebunan maupun pertanian. Penelitian ini menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD) yang pendekatannya melalui penemuan aset, mengungkap kesuksesan di masa lampau, memimpikan perubahan, melakukan strategi perubahan dan aksi dalam perubahan sosial dalam mengembangkan aset. Dari pendampingan ini masyarakat Dusun Tanjung, khususnya masyarakat yang memiliki pekarangan mampu menghargai aset-aset yang dimiliki dan memulai pola pikir untuk mengelola pekarangan menjadi kawasan rumah pangan lestari yang nantinya bisa bermanfaat lebih dengan membantu perekonomian masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maftuhah, Maftuhahmaftuhah0610@gmail.comB02218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pendampingan; pekarangan; KRPL
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Maftuhah Maftuhah
Date Deposited: 30 May 2023 03:44
Last Modified: 30 May 2023 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62713

Actions (login required)

View Item View Item