Musik dalam perspektif filsafat dan Islam: studi kritik terhadap persepsi tentang musik haram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustiawan, Sonny (2022) Musik dalam perspektif filsafat dan Islam: studi kritik terhadap persepsi tentang musik haram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sonny Agustiawan_E01215022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tulisan ini berbicara tentang bagaimana perspektif filsafat dan Islam mengenai musik, sebagai kritik terhadap persepsi yang menilai musik sebagai sesuatu yang haram. Disusunnya skripsi ini berangkat dari mencuatnya persepsi tentang keharaman musik yang disampaikan oleh salah satu eks musisi band NOAH di media sosial sehingga muncul pro-kontra di kalangan khalayak ramai. Berangkat dari fenomena tersebut, maka muncul dua pokok permasalahan yang perlu untuk dijawab dan diuraikan di dalam penelitian ini, pertama: bagaimana musik dalam perspektif filsafat dan Islam? Kedua: bagaimana konsep dan persepsi eks grup Band NOAH tentang musik? Metode penelitian yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mana penelusuran terhadap data-data yang ada dan tersedia di perpustakaan menjadi lapangan penting dalam penelitian ini. Data-data yang diperoleh kemudian akan dianalisis secara komprehensif guna untuk memperoleh gambaran (deskriptif) yang utuh mengenai topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perspektif Islam terhadap musik tidak sesempit sebagaimana keyakinan eks musisi grup Band NOAH dan orang-orang lain yang memiliki keyakinan sama. Tetapi Islam justru mengapresiasi dan memberikan ruang untuk tumbuh kembangnya musik, selama efek yang ditimbulkan dari musik itu sendiri selaras dengan nafas-nafas Islami. Begitu pula dalam perspektif filsafat, musik tidak diartikan sebagai sesuatu apa pun kecuali pada aspek keindahan atau estetikanya. Sedangkan estetika (keindahan) merupakan asupan naluriah alami manusia, sehingga dengan musik berikut keindahannya, kebutuhan manusia akan keindahan menjadi terpenuhi salah satunya dengan cara bermain dan mendengarkan musik. Karena dengan musik, dalam perspektif filsafat nyaris serupa dengan apa yang berlaku dalam tradisi tasawuf, yakni sama-sama dapat menyentuh jiwa manusia, sehingga dengan tersentuhnya jiwa tersebut seseorang bisa merasakan ekstase atau katarsis dalam jiwanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustiawan, Sonnysonnyagustiawan1@gmail.comE01215022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmailcom2020086701
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Budaya
Musik
Keywords: filsafat budaya; musik; estetika
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Sonny Agustiawan
Date Deposited: 31 May 2023 01:18
Last Modified: 31 May 2023 01:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62717

Actions (login required)

View Item View Item