Peranan whirling dervishes terhadap kebahagiaan penari sufi: studi kasus di Kedai El Rumi Kecamatan Bulak Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Dinny Maretta (2023) Peranan whirling dervishes terhadap kebahagiaan penari sufi: studi kasus di Kedai El Rumi Kecamatan Bulak Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinny Maretta Putri_E77219041.pdf

Download (4MB)

Abstract

Whirling dervishes atau tari sufi yang ada di dalam kesenian tasawuf dianggap suatu tarian yang memiliki banyak manfaat bagi jasmani maupun rohani. Pada umumnya masyarakat menilai bahwa whirling dervishes merupakan tarian yang sekedar berputar dan membuat pusing. Akan tetapi, whirling dervishes ini memiliki manfaat bagi jiwa dan raga manusia, khususnya bagi penari sufi atau yang biasa disebut sebagai darwis. Setiap gerakan dalam whirling dervishes memiliki makna tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua persoalan, yakni: filosofi whirling dervishes dan bagaimana peran whirling dervishes terhadap kebahagiaan penari sufi di Komunitas Kedai El Rumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini dijadikan sebagai landasan awal bagi peneliti untuk mengamati makna serta pelaksanaan whirling dervishes di Kedai El Rumi. Penelitian ini juga membutuhkan data sekunder. Data-data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku-buku akademik ataupun jurnal yang pembahasannya sesuai dengan tema dalam penelitian ini. Pelaksanaan tari sufi diawali dengan mensucikan hati dan niat, lalu menjaga wudlu. Lalu dilanjut jengan mengapit jempol kaki kiri menggunakan jempol kaki kanan, hal ini memiliki makna mengapit segala keinginan duniawi dengan hal-hal yang baik. Setelah itu tangan kiri memegang pundak kanan dan sebaliknya, tangan kanan memegang pundak kiri. Lalu dilanjut dengan berputar melawan arah jarum jam. Whirling dervishes juga bermanfaat dalam emosional seorang darwis yang membuatnya selalu mampu berpikir secara sehat dan jernih dalam memikirkan atau menghadapi sesuatu sehingga sikap gegabah tidak akan pernah dimiliki oleh seorang darwis. Para darwis yang sering melakukan whirling dervishes tidak pernah merasa sedih hati. Tari sufi yang ada di Kedai El Rumi dapat dijadikan wadah bagi masyarakat yang ingin mengelola emosi dan mendekatkan diri kepada Allah melalui kesenian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Dinny Marettadinnymaretta1@gmail.comE77219041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Kesenian > Kesenian Islam
Psikoterapi
Keywords: Whirling dervishes; kebahagiaan; kedai El Rumi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Dinny Maretta Putri
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:10
Last Modified: 06 Jun 2023 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62718

Actions (login required)

View Item View Item