Internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Ngudisusilo karya KH. Bisri Musthofa pada anak jalanan oleh komunitas gubuk baca cahaya negeri (GBCN) di Kabupaten Rembang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sein, Lau Han (2023) Internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Ngudisusilo karya KH. Bisri Musthofa pada anak jalanan oleh komunitas gubuk baca cahaya negeri (GBCN) di Kabupaten Rembang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lau Han Sein_02040821034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anak-anak jalanan seringkali mendapat stigma buruk dari sebagian masyarakat karena perilakunya yang seringkali dianggap meresahkan oleh sebagian masyarakat, maka dari itu pendidikan untuk anak jalanan sangat penting terutama pendidikan akhlak untuk meminimalisir anak-anak jalanan dari kenakalan remaja. salah satu komunitas yang bergerak untuk memberdayakan anak-anak dan terkusus anak jalanan adalah Komunitas GBCN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ngudisusilo Karya KH. Bisri Musthofa pada anak jalanan oleh Komunitas Gubuk Baca Cahaya Negeri.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mengetahui kondisi anak-anak jalanan di Komunitas GBCN. Sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Ngudisusilo yang diajarkan oleh Komunitas GBCN pada anak jalanan diantaranya adalah; akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap orang tua, dan akhlak terhadap guru. Sedangakan proses internalisasi yang dilakukan oleh Komunitas GBCN menggunakan tiga tahapan, yaitu; tahap transformasi nilai dengan menggunakan metode ceramah dan metode lalaran untuk menyampaikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Ngudisusilo pada anak-anak jalanan, tahap transaksi nilai dengan menggunakan metode dialog dan pembiasaan untuk membiasakan anak-anak jalanan mencontohkan perilaku dari nilai pendidikan akhlak yang sudah disampaikan oleh Komunitas GBCN, tahap transinternalisasi nilai dengan menggunakan metode keteladanan pada anak-anak jalanan untuk lebih meyakinkan mereka terhadap nilai-nilai pendidikan akhlak yang telah disampaikan oleh Komunitas GBCN. Proses internalisasi nilai pendidikan akhlak pada anak-anak jalanan ini menghasilkan perubahan sikap dan perilaku pada anak-anak jalanan diantaranya adalah memiliki sikap untuk selalu bertaqwa kepada Allah, sikap lebih sopan santun, dan sikap untuk peduli terhadap kebersihan diri dan lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sein, Lau Hanhansinprakasa96@gmail.com02040821034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisa_umsida67@yahoo.com2006056701
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Akhlak
Pendidikan
Anak Jalanan
Keywords: Internalisasi Nilai; Kitab Ngudisusilo; Anak Jalanan.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lau Han Sein
Date Deposited: 31 May 2023 01:50
Last Modified: 31 May 2023 01:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62724

Actions (login required)

View Item View Item