Pengorganisasian jamaah tahlil melalui pembuatan lilin aromaterapi sereh dalam upaya mengurangi nyamuk aedes aegypti di Dusun Turi Desa Turi Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujtahida, Fikarul (2023) Pengorganisasian jamaah tahlil melalui pembuatan lilin aromaterapi sereh dalam upaya mengurangi nyamuk aedes aegypti di Dusun Turi Desa Turi Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fikarul Mujtahida_B72219061_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada skripsi ini membahas mengenai pengorganisasian jamaah tahlil dalam upaya mengurangi nyamuk Aedes Aegypti melalui pembuatan lilin aromaterapi sereh. Hal ini dilakukan karena anyaknya masyarakat yang terkena penyakit DBD akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan tersebut sebagaimana rumusan masalah: 1) Bagaimana cara yang efektif dalam upaya mengurangi nyamuk Aedes aegypti?, dan 2) Bagaimana hasil pembuatan lilin aromaterapi sereh sebagai upaya mengurangi nyamuk Aedes aegypti. Proses pengorganisasian jamaah tahlil menggunakan metodologi Participatory Action Research (PAR). Di ana dalam metode ini bertujuan untuk menyadakan masyarakat menggunakan teknik Participatpry Rural Apprasial (PRA) yang meliputi pemetaan, transek, wawancara, kalender harian, kalender musim, diagram venn dan dokumentasi. Hasil dari pengorganisasian jamaah tahlil antara lain: 1) Upaya mengurangi nyamuk Aedes aegypti adalah dengan menggunakan lilin aromaterapi sereh, di mana tanaman sereh engandung esktrak yang dapat dijadikan sebagai pengusir nyamuk, dan 2) Lilin aromaterapi mampu mengurangi populasi nyamuk dan menjadi salah cara yang efektif sebagai pengusir nyamuk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujtahida, Fikarulfika93802@gmail.comB72219061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M. Munir--2017035901
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Kesehatan
Kesehatan

Pemberdayaan
Keywords: Nyamuk Aedes aegypti; Upaya mengurangi nyamuk; Lilin aromaterapi sereh
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fikarul Mujtahida
Date Deposited: 30 May 2023 07:51
Last Modified: 30 May 2023 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62728

Actions (login required)

View Item View Item