Implikasi al-Waqf wa al-Ibtida’ terhadap penafsiran al-Qur’an : studi atas tanda al-Waqf wa al-Ibtida ’ dalam mushaf Asy-Syadzili menurut riwayat Hafs ‘an ‘Asim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romly, Muhammad (2022) Implikasi al-Waqf wa al-Ibtida’ terhadap penafsiran al-Qur’an : studi atas tanda al-Waqf wa al-Ibtida ’ dalam mushaf Asy-Syadzili menurut riwayat Hafs ‘an ‘Asim. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Romli_F12518224_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

al-Waqf wa al-Ibtida’ merupakan salah satu kajian cukup penting bagi para pengkaji al-Qur’an, karena kesalahan dalam meletakkan waqaf dan ibtida’ dapat menjerumuskan pembaca al-Qur’an dalam pemahaman yang salah. Fenomena kesalahan penafsiran di tengah masyarakat oleh seorang tokoh agama adalah salah satu bukti kongkrit minimnya pengetahuan masyarakat akan al-Waqf wa al-Ibtida’. Mushaf Asy-Syadzili merupakan karya ulama’ Indonesia yang menyajikan al-Waqf wa al-Ibtida’ sebagai upaya untuk meminimalisir kesalahan dalam memahami al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan membahas struktur al-Waqf wa al-Ibtidā’ dalam mushaf Asy-Syadzili berserta implikasinya terhadap penafsiran al-Qur’an.Dalam rangka mencapai tujuan di atas, penulis melakukan penelitian berjenis library research dengan pendekatan analisis. Dalam penelitian tersebut, penulis menelaah, mengkaji, dan memahami secara seksama dan komprehensif Mushaf Asy-Syadzili serta mengkonfirmasikannya dengan kitab-kitab al-Waqf wa al-Ibtida’ dan Tafsir Hasil dari penelitian ini menyimpulkan menyimpulkan 2 (dua) point, yaitu: (1) Struktur Waqaf dan Ibtida’ yang dirumuskan dalam mushaf Asy-Syadzili adalah hasil penerapan kaidah-kaidah waqaf yang terdapat dalam kitab Manar al-Huda karya Imam al-Ashmuni. (2) Wasal pada ra’s al-Ayah dalam surat al-Baqarah membuktikan adanya implikasi yang cukup signifikan dalam sebuah penafsiran al-Qur’an, Meskipun andaikata ketika diwaqafkan juga tidak merubah makna. Di antara keterkaitan lafaz tersebut berupa Man’ut dan na’atnya, Shart dan Jawabnya, Mausuf dan Sifatnya, Rafi’ (isim yang me-rafa’kan) dengan Marfu’-nya, Mustastna dengan Mustastna Minhunya. Sedangkan Implikasi waqaf atau wasal pada ayat-ayat yang rentan rancu maknanya ketika salah dalam menentukan al-Waqf wa al-Ibtida’ akan berdampak yang sangat fatal dalam aspek makna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romly, Muhammadmuhammadromly1986@gmail.comF12518224
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRowi, Roemroem.rowi@unida.gontor.ac.id8855390019
Thesis advisorMuzammil, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Subjects: Qira'ah
Keywords: al-Waqf wa al-Ibtida’; Mushaf Asy-Syadzili; Implikasi penasiran al-Qur’an
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Romly
Date Deposited: 03 Jun 2023 23:37
Last Modified: 03 Jun 2023 23:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62736

Actions (login required)

View Item View Item