Zikir sebagai logoterapi dalam menggapai makna hidup jamaah tarekat Naqshabandiyah Khalidiyah Talokwohmojo Blora

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baharudin, Azza Fahmi (2023) Zikir sebagai logoterapi dalam menggapai makna hidup jamaah tarekat Naqshabandiyah Khalidiyah Talokwohmojo Blora. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azza Fahmi Baharudin_E97219060_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kehidupan yang dibangun di atas peradaban modern menyuguhkan begitu banyak kemudahan serta nilai hidup dengan penuh kemewahan dan kecenderungan pada materi yang ada. Hal demikian dapat mengantarkan seseorang kepada kekosongan spiritual dan kehampaan jiwa pada dirinya, sehingga memunculkan sebuah keinginan pada diri manusia untuk menemukan paradigma baru tentang makna hidup dan pemenuhan diri terhadap nilai-nilai spiritual untuk mengobati keterasingan akibat kehidupan modern. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metodologi kualitatif. Adapun pendekatan studi yang digunakan adalah studi kasus. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis, peneliti menggunakan analisis deskriptif mengenai temuan yang diperoleh dari lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa zikir memiliki peran penting dalam kehidupan para jamaah Tarekat Naqshabandiyah Khalidiyah Talokwohmojo Blora karena mengantarkan pada ketentraman hati dan kesuksesan dalam menghadapi problematika kehidupan di era modern, selain itu para jamaah juga memandang penting untuk bergabung dengan sebuah tarekat agar mempunyai guru yang dapat membimbing lebih dekat kepada Allah. Dalam kehidupan sehari-hari, para jamaah merealisasikan zikir selain dalam bentuk ucapan juga dalam bentuk perilaku dengan memahami zikir dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku baik yang bisa mengantarkan ketaatan kepada Allah semata, tentunya dengan menjadi hamba yang taat dan dekat kepada Allah menjadikan para jamaah Tarekat Naqshabandiyah Khalidiyah Talokwohmojo memiliki hidup yang bermakna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baharudin, Azza Fahmibaharudin.azza0258@gmail.comE97219060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJa'far, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Psikologi Islam
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Makna Hidup; Zikir; Jamaah Tarekat Naqshabandiyah Khalidiyah Talokwohmojo Blora.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Azza Fahmi Baharudin
Date Deposited: 03 Jun 2023 21:36
Last Modified: 03 Jun 2023 21:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62740

Actions (login required)

View Item View Item