Konseling behaviour contract sholat jamaah untuk meningkatkan disiplin sholat fardhu santri di TPQ Himmatun Ayat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutiah, Dewi (2022) Konseling behaviour contract sholat jamaah untuk meningkatkan disiplin sholat fardhu santri di TPQ Himmatun Ayat Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Mutiah_B03217008 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana proses konseling behaviour contract sholat jamaah untuk meningkatkan disiplin sholat fardhu yakni sholat Ashar dan Maghrib santri di TPQ Himmatun Ayat Surabaya. Proses konseling behavior ini dilakukan dengan melalui 3 tahapan yakni pertama pendekatan serta penggalian data. tahapan kedua yakni melaksanakan langkah-langkah yakni : 1) memilih tingkah laku yang akan diubah dengan melakukan analisis ABC. 2) menentukan tingkah laku yang akan diubah. 3) menentukan jenis penguatan yang akan diterapkan. 4) memberikan reinforcemet setiap kali tingkah laku yang di inginkan di lakukan. 5) memberikan penguatan setiap saat tingkah laku yang ditampilkan menetap. Adapun tahap ketiga yakni evaluasi dan follow up. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif komparatif untuk mengolah data yang didapatkan di lapangan. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, konseling behavior contract sholat jamaah untuk meningkatkan disiplin sholat fardhu santri memiliki pengaruh yang baik, dimana yang awalnya 2 sampai 3 kali dalam sehari, sekarang konseli sudah mengalami perkembangan 4 bahkan 5 waktu penuh dalam sehari, konseli juga mengalami peningkatan yakni sholat fardhu di awal waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutiah, Dewimutiahdewi93@gmail.comB03217008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanukmanfahmi21@gmail.com2021117301
Subjects: Agama
Akhlak
Anak > Kepribadian
Keywords: Behaviour contract; sholat jamaah; peningkatan disiplin sholat fardhu; santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dewi Mutiah
Date Deposited: 30 May 2023 08:39
Last Modified: 30 May 2023 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62743

Actions (login required)

View Item View Item