Retorika dakwah ustadz Adi Hidayat berjudul Obat Segala Penyakit (As-Syifa’) di Youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nahli, Nahli (2022) Retorika dakwah ustadz Adi Hidayat berjudul Obat Segala Penyakit (As-Syifa’) di Youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nahli_B01217043 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan retorika yang baik dan sesuai dapat membantu untuk membuka jalan bagi pendakwah yang ingin terjun kedalam dunia kawula muda. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana penggunaan gaya retorika yang baik dan sesuai untuk hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas penggunaan gaya penyampaian dalam dakwah yang digunakan oleh Ustadz Adi Hidayat. Bentuk penelitian yang dipilih adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian Miles Huberman. Ustadz Adi Hidayat dipilih sebagai subjek penelitian karena ia memiliki jumlah massa yang besar. Hal ini dibuktikan dengan ia mempunyai pusat kajian Islam bernama Quantum Akhyar Institute dan juga mendirikan Akhyar TV yang didirikan pada tahun 2013.
Hasil dari penelitian ini yaitu retorika dakwah Ustad Adi Hidayat berdasarkan unsur ethos ditampilkan dengan selalu menyebutkan tata letak baris dan nomer al-Qur’an serta al-hadist (good competence), cara penyampaian dan penampilan yang syar’i (good moral character), dan pemilihan kata yang baku (good grammar). Kemudian berdasarkan unsur pathos, Ustadz Adi Hidayat menunjukkan dengan kontak mata yang selalu mengarah kepada mad’u, gerak tubuh yang bervariasi, dan pengaturan vokal. Sedangkan berdasarkan unsur logos ditampilkan dengan menyebutkan definisi, menyampaikan dalil, dan memberikan contoh pengalaman pribadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nahli, Nahlinahlimuhed@gmail.comB01217043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087302
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Dakwah bil Lisan
Retorika
Keywords: Retorika; dakwah; Ustadz Adi Hidayat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nahli Nahli Nahli
Date Deposited: 13 Sep 2023 14:47
Last Modified: 13 Sep 2023 14:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62748

Actions (login required)

View Item View Item