Analisis hukum Islam dan Undang-undang nomor 28 tahun 2014 terhadap penerapan fair use pada E-Book

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ananta, Mohammad Maulido (2023) Analisis hukum Islam dan Undang-undang nomor 28 tahun 2014 terhadap penerapan fair use pada E-Book. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Maulido Ananta_ C92219117.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah berikut. Pertama, bagaimana penerapan fair use pada e-book. Kedua, bagaimana analisis hukum Islam dan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 terhadap penerapan fair use pada e-book. Penelitian ini merupakan jenis penelitian normatif yuridis. Sumber hukum digali menggunakan studi pustaka. Bahan hukum dibahas dengan memadukan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian didasarkan pada rumusan masalah di atas ditemukan jawaban bahwa. Pertama, penerapan fair use pada e-book dilakukan oleh IPusnas dengan meliputi aspek; syarat dan ketentuan layanan, aktivitas dan tindakan pengguna, dan perlindungan konten. Kedua, hukum Islam berpandangan bahwa penerapan fair use pada e-book dipandang sebagai bentuk maslahat jika dilakukan oleh pihak yang sah seperti IPusnas. Syarat dan Ketentuan menjadi poin utama yang dapat menentukan dapat dijalankannya maslahat dengan tetap memerhatikan aspek kepemilikan e-book. Perlindungan Konten merupakan bentuk dicapainya manfaat dengan melindungi hak istimewa pencipta berupa diwujudkannya proses pendidikan yang berkah. Aktivitas dan Tindakan Pengguna merupakan bentuk diatasinya kemudaratan berupa adanya peringatan yang jelas serta pengawasan terhadap tindakan pengguna. Dalam analisis Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014, penerapan fair use pada e-book perlu didasarkan pada pasal 47 UUHC sebagaimana dijalankan oleh IPusnas. Syarat dan Ketentuan Layanan dimaksudkan untuk memberikan peraturan tertulis yang memuat batasan atas kebolehan dan larangan. Aktivitas dan Tindakan Pengguna yang berfungsi sebagai upaya penyederhaan dari ketentuan pasal 55 UUHC yang di mana diserahkan oleh IPusnas sendiri. Perlindungan Konten merupakan jaminan atas pemanfaatan e-book memiliki kepentingan yang spesifik yakni untuk kepentingan pendidikan. Adapun saran yang diusulkan ditujukan kepada pemerintah. Pertama, merumuskan ketentuan perundang-undangan yang baru yang lebih spesifik berkenaan dengan karya cipta berbentuk digital. Kedua, memperluas akses pendidikan dengan banyak mendirikan perpustakaan konvensional di setiap daerah atau sekolah yang memiliki fasilitas yang mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ananta, Mohammad Maulidomaulidoananta@gmail.comC92219117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFageh, Achmadahmadfageh@gmail.com0703067304
Subjects: Hukum Islam
Hak Cipta
Buku
Keywords: Hukum Islam; Undang-undang nomor 28 tahun 2014; fair use; E-Book
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mohammad Maulido Ananta
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:34
Last Modified: 05 Jun 2023 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62755

Actions (login required)

View Item View Item