Tradisi sedekah bumi di Desa Sandingrowo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban: studi Kritik Analitik Perspektif Hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roziyah, Siti (2023) Tradisi sedekah bumi di Desa Sandingrowo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban: studi Kritik Analitik Perspektif Hadis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Roziyah_E05219038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di Indonesia sangatlah beragam budaya, terutama pada masyarakat Jawa. Salah satu diantaranya ialah tradisi sedekah bumi yang hingga sekarang masih dilaksanakan. Hal ini bisa dijumpai pada masyarakat desa Sandingrowo. Untuk mengetahui seluk-beluk tradisi sedekah bumi yang ada di Desa Sandingrowo tersebut, di dalam skripsi ini terdapat fokus rumusan masalah, yakni 1) Bagaimana sejarah dan perkembangan tradisi sedekah bumi di desa Sandingrowo?, 2) Bagaimana prosesi tradisi sedekah bumi di desa Sandingrowo?, 3) Bagaimana studi kritik analitik pada tradisi sedekah bumi di Desa Sandingrowo perspektif hadis? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif. Metode wawancara, observasi, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Metode tersebut dipakai untuk mendapat data penelitian yang bersifat komprehensif menyangkut tradisi sedekah bumi yang ada di desa Sandingrowo. Selanjutnya data yang didapat akan dipaparkan secara deskriptif dan dianalisa menggunakan teori takhrij hadis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa masyarakat desa Sandingrowo melakukan tradisi ini setiap setahun sekali di hari Selasa Pahing pada bulan 9 (September) dan bertepatan dengan masa panen, bukan setiap sehabis panen sebab tradisi sedekah bumi ini dimaksudkan untuk memperingati orang yang sudah membuat sumur pertama kali dahulu. Tradisi ini dulunya bertentangan dengan hadis yang ada, namun seiring berkembangnya zaman sekarang sudah sesuai dengan hadis Nabi akan tetapi tidak semuanya, ada beberapa kegiatan di dalam acara tradisi tersebut masih kurang pas dengan hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roziyah, Sitisitiroziyahkp56@gmail.comE05219038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar--2005076201
Subjects: Hadis
Tradisi Islam
Keywords: Kritik Hadis; Sedekah Bumi; Tradisi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Siti Roziyah
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:47
Last Modified: 13 Jun 2023 05:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62776

Actions (login required)

View Item View Item