Pengorganisasian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan guna meminimalisir terjadinya penyakit demam berdarah di dusun Sidorame desa Sidorejo kecamatan krian kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Annisa Luthfia (2023) Pengorganisasian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan guna meminimalisir terjadinya penyakit demam berdarah di dusun Sidorame desa Sidorejo kecamatan krian kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Luthfia Lestari_B72219056_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian Participatory Action Research (PAR) digunakan dalam penelitian ini. Metode PAR sendiri dilakukan dengan partisipasi, menggunakan penelitian dan tindakan. Semua penelitian harus dipraktekkan dengan masyarakat. Selama penelitian berlangsung, peneliti terlibat dalam kelompok kepentingan dan masyarakat Dusun Sidorame Desa Sidorejo untuk menyusun rencana aksi perubahan sosial. Hasil penelitian ini antara lain adalah terbentuknya kader kelompok lingkungan bernama PEMANTIK (Pemantauan Jentik-Jentik) dan membuat cairan spray anti nyamuk dari kulit jeruk dan daun serai. Hasil penelitian selanjutnya yaitu memanfaatkan pot bunga sebagai wadah untuk penanaman daun serai. Hasil penelitian terakhir yakni penempelan poster pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Annisa Luthfiaannisaluthfialestari@gmail.comB72219056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.com2025036703
Subjects: Lingkungan Hidup
Pengabdian Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pengorganisasian; Penyakit Demam Berdarah; Pemberantasan Sarang Nyamuk
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Annisa Luthfia Lestari
Date Deposited: 04 Jun 2023 00:00
Last Modified: 04 Jun 2023 00:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62778

Actions (login required)

View Item View Item