Elaborasi media exploration Map berdasarkan Gestalt Therapy untuk meningkatkan Self-acceptance Remaja di Kampung Anak Negeri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqia, Anis Maftuhatur (2023) Elaborasi media exploration Map berdasarkan Gestalt Therapy untuk meningkatkan Self-acceptance Remaja di Kampung Anak Negeri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Maftuhatur Rizqia_B93219100_OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pelaksanaan konseling menggunakan media exploration map. Exploration map atau peta eksplorasi merupakan sebuah media berupa peta digital yang membantu subjek penelitian dalam proses konseling untuk meningkatkan self-acceptance sebagai variabel yang ingin diubah atau ditingkatkan. Variabel yang digunakan terdiri dari variabel bebas yaitu gestalt therapy dan variabel terikat self-acceptance. Oleh karena itu, metode penelitian yang digunakan ialah karya kreatif atau disebut juga RnD (Research and Development) yang dilaksanakan sampai prosedur ke tujuh pada penelitian ini. Metode ini mengacu pada pengembangan sebuah produk yang digunakan sebagai media intervensi yang perlu diuji terlebih dahulu keefektifannya. Pada peta eksplorasi, terdapat empat fase yang dijalani selama proses konseling. Empat fase ini dilandaskan pada tahapan utama dalam gestalt therapy. Berdasarkan penilaian dari para ahli yang berpengalaman dalam bidang bimbingan dan konseling ataupun psikologi, peneliti telah merangkum hasil penilaian media peta eksplorasi dan berdasarkan perhitungan total yang dirata-rata, maka didapatkan presentase sebesar 86%. Sedangkan, rata-rata pengaruh media terhadap konseli ialah 71%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqia, Anis Maftuhaturanis.rizqia07@gmail.comB93219100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah Noer--2011126001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Media Exploration Map; Gestalt Therapy; Self-acceptance; Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anis Maftuhatur Rizqia
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:55
Last Modified: 05 Jun 2023 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62784

Actions (login required)

View Item View Item