Manajemen program sekolah Sedekah dalam meningkatkan minat Zakat, Infak, dan Sedekah di Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah Lamongan.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizky, Ravika Amalia (2023) Manajemen program sekolah Sedekah dalam meningkatkan minat Zakat, Infak, dan Sedekah di Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ravika Amalia Rizky_G95219064_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minimnya pengetahuan terkait zakat, infaq dan sedekah serta literasi zakat yang rendah berpengaruh terhadap keterlibatan masyarakat dalam berzakat, infaq dan sedekah. Faktanya, di zaman milenial ini, yang menjadi agent of chance adalah anak muda atau biasa disebut dengan generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen program sekolah sedekah dalam meningkatkan minat zakat, infak, dan sedekah di Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini digunakan untuk menyelidiki yaitu bagaimana manajemen dari program sekolah sedekah dalam meningkatkan minat zakat, infaq, sedekah di Lazismu Lamongan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Lazismu Lamongan telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaann, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Program sekolah sedekah mampu meningkatkan minat siswa untuk berzakat, infaq, dan bershodaqoh. Sebelum diterapkannya program sekolah sedekah, siswa tidak memiliki wadah untuk menyalurkan zakat, infaq, dan shodaqoh, siswa masih minim edukasi tentang pentingnya berzakat, infaq, dan shodaqoh. Setelah diterapkannya program sekolah sedekah, menunjukan bahwa adanya minat dan respon baik dari siswa untuk berzakat, infaq, dan bershodaqoh. Hal ini terlihat karena adanya perasaan senang, katertarikan, perhatian, dan keterlibatan siswa dalam menjalankan program sekolah sedekah.Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak Lazismu Lamongan agar melakukan pemantauan di setiap kegiatan program sekolah sedekah dengan melakukan pengorganisasian pada kegiatan sedekah sampah dan melakukan pencatatan administrasi hasil dari program sekolah sedekah pada kegiatan sedekah sampah dan edukasi zakat untuk memudahkan dalam melakukan evaluasi program sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizky, Ravika Amaliaamaliaravika55@gmail.comG95219064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Lianlian.fuad@uinsby.ac.id2121048502
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoif--2003117501
Subjects: Manajemen
Zakat
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Manajemen; Program Sekolah Sedekah; ZIS
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ravika Amalia
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:39
Last Modified: 05 Jun 2023 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62798

Actions (login required)

View Item View Item