Analisis Hukum Islam terhadap praktik rental mobil kredit yang sudah jatuh tempo di Pepelegi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mi'rody, Nahdlotul (2023) Analisis Hukum Islam terhadap praktik rental mobil kredit yang sudah jatuh tempo di Pepelegi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Nahdlotul Mi'rody_C92219127_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data dalam penulisan skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan yang dilakukan di desa Pepelegi Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan empiris, yakni mendeskripsikan teori Hukum Islam Ijarah untuk menganalisa praktik sewa-menyewa mobil di Desa Pepelegi Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Adapun hasil penelitian ini menyimpulkan praktik sewa-menyewa mobil di Desa Pepelegi sudah memenuhi rukun dari akad Ijarah tetapi dalam syaratnya masih kurang memenuhi. Yaitu, objek dari akad Ijarah kurang memenuhi syarat, dimana pemilik rental tidak mempunyai hak milik penuh dan objek Ijarah disita oleh debt collector. Sehingga dapat diartikan bahwasannya akad sewa-menyewa yang dilakukan oleh penyewa dan pemilik sewa batal atau tidak sah karena mobil yang dijadikan objek sewa-menyewa telah disita oleh pihak leasing, serta penyewa dapat menuntut pembatalan sewa-menyewa itu menurut ketentuan-ketentuan Ijarah.Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis memberikan saran kepada kedua belah pihak bahwa perjanjian sewa-menyewa lebih baik dilakukan dengan sebuah perjanjian yang jelas atau tertulis dan terdapat sebuah saksi yang menyaksikan sewa-menyewa tersebut dan untuk peneliti dimasa yang akan datang agar lebih tepat menghadap permasalahan yang serupa dengan penulis teliti agar para masyarakat dapat sepenuhnya memahaminya terkait sewa-menyewa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mi'rody, Nahdlotulnahdlotulmirody00@gmail.comC92219127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusarrofa, Itaitaisme@gmail.com2001087901
Subjects: Hukum Islam
Sewa
Keywords: Sewa menyewa; Mobil kredit
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nahdlotul Mi'rody
Date Deposited: 27 Jun 2023 15:02
Last Modified: 27 Jun 2023 15:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62810

Actions (login required)

View Item View Item