Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan green’s motivational strategies berbantuan aplikasi live worksheet untuk peserta didik berkemampuan matematika rendah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fardani, Melina (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan green’s motivational strategies berbantuan aplikasi live worksheet untuk peserta didik berkemampuan matematika rendah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Melina Fardani_D74217090.pdf

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan green’s motivational strategies berbantuan aplikasi live worksheet untuk peserta didik berkemampuan matematika rendah di MTs Darul Hikmah pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Fokus penelitian ini menekankan pada pengembangan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian pengembangan perangkat ini mengacu pada pengembangan Plomp yang dikembangkan oleh Tjeerd Plomp. Alur dalam penelitian ini terdiri dari 3 fase, diantaranya adalah : 1) Fase Pendahuluan (Preliminary Research); 2) Fase Pengembangan atau Pembuatan Prototype (Development or Prototyping Phase); dan 3) Fase Penilaian (Assasement Phase). Data dikumpulkan oleh peneliti menggunakan teknik catatan lapangan, teknik validasi dan teknik tes. Sehingga instrumen pengumpul data yang digunakan terdiri dari lembar catatan lapangan, lembar validasi dan lembar tes. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis data proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, di antaranya: 1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran pada fase pendahuluan didapatkan data tentang hasil belajar peserta didik yang rendah, kendala kegiatan pembelajaran, serta kurikulum dan materi pokok yang digunakan di MTs Darul Hikmah adalah kurikulum 2013 pada materi kubus dan balok. Pada fase pembuatan prototipe, peneliti mendesain, membuat dan mengembangkan RPP, E-LKPD, dan lembar tes. Pada fase penilaian, peneliti memvalidasikan dan merevisi setiap perangkat pembelajaran berdasarkan komentar para validator, kemudian melakukan uji coba perangkat pembelajaran kepada 12 peserta didik berkemampuan matematika rendah kelas VIII di MTs Darul Hikmah serta mengevaluasi dan menilai seberapa besar keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. 2) Perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4.32, E-LKPD sebesar 4.21, dan lembar tes sebesar 4.38 yang termasuk pada kriteria “sangat valid”. 3) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis pada kriteria “A” dengan rata-rata total nilai kepraktisan sebesar 86.67 yang berarti dapat digunakan tanpa revisi. 4) Penerapan perangkat pembelajaran dinyatakan “efektif” untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fardani, Melinamelinafardani99@gmail.comD74217090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Teknologi
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; green’s motivational strategies; live worksheet; kemampuan matematika rendah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: melina fardani
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:53
Last Modified: 06 Jun 2023 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62813

Actions (login required)

View Item View Item