Uji potensi antibakteri ekstrak metanol jeroan dan daging teripang bola (phyllophorus sp.) terhadap bakteri escherichia coli dan staphylococcus aureus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyowati, Windy (2022) Uji potensi antibakteri ekstrak metanol jeroan dan daging teripang bola (phyllophorus sp.) terhadap bakteri escherichia coli dan staphylococcus aureus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Windy Widyowati_H74218031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bakteri patogen dapat mengakibatkan permasalahan penyakit seperti diare, muntaber, tifus, infeksi saluran pencernaan, dan penyakit lainnya. Escherichia coli dan Staphylococcus aureus ialah mikroorganisme terkecil jenis bakteri patogen yang ada di dunia. Upaya mengatasi keberadaan bakteri diperlukan antibakteri. Teripang bola (Phyllophorus sp.) diketahui mengandung tanin dan alkaloid yang dimanfaatkan pada kandungan senyawa antibakteri. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya potensi antibakteri ekstrak metanol jeroan dan daging teripang bola (Phyllophorus sp.) terhadap bakteri yang disebut dengan Escherichia coli dan Staphylococcus aureus melalui zona hambat yang terbentuk dan mengetahui perbedaan pengaruh zona hambat antara ekstrak jeroan dan daging teripang bola (Phyllophorus sp.). Pengujian ekstrak jeroan dan daging teripang bola (Phyllophorus sp.) dapat dilakukan melalui metode difusi cakram berkonsentrasi sekitar 10%, 20%, 40%, 60%, dan 80%. Hasil potensi antibakteri ini menujukkan adanya zona hambat yang berwarna bening disekitar kertas cakram. Zona hambat ekstrak jeroan dan daging teripang bola (Phyllophorus sp.) diamati pada waktu 1x24 jam dan 2x24 jam. Berdasarkan pengukuran menggunakan jangka sorong pada ekstrak jeroan dan daging teripang bola (Phyllophorus sp.) di dapatkan nilai dibawah 5 mm, maka dinyatakan zona hambat yang dihasilkan tergolong lemah. Berdasarkan hasil uji one way anova SPSS 16 ekstrak jeroan dan daging teripang bola (Phyllophorus sp.) Tidak terdapat perbedaan zona bening dikarenakan hasil uji menunjukan P>0,05 sehingga dinyatakan tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyowati, Windywindywidyowati12@gmail.comH74218031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id--
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id2024088903
Subjects: Biologi
Ilmu Kelautan
Kimia
Keywords: Teripang bola (Phyllophorus sp.); antibakteri; methanol; escherichia coli; staphylococcus aureus
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: windy ww widyowati
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:30
Last Modified: 07 Jun 2023 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62815

Actions (login required)

View Item View Item