Peran alumni dalam pengembangan unit simpan pinjam dan pembiayaan syariah pada USPPS-BMT Sunan Drajat Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikry, Muhammad Zakky Zainul (2023) Peran alumni dalam pengembangan unit simpan pinjam dan pembiayaan syariah pada USPPS-BMT Sunan Drajat Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zakky Zainul Fikry_G94218204.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul ”Peran Alumni Dalam Pengembangan Unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Pada USPPS-BMT Sunan Drajat Paciran Lamongan”. Penelitian ini berisi tentang proses pengembangan yang dilakukan oleh USPPS-BMT Sunan Drajat mulai dari tahun ekspansi sampai sekarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup apa saja pengembangan yang dilakukan oleh USPPS-BMT Sunan Drajat serta bagaimana kontribusi alumni dalam proses pengembangan yang telah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengen pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawncara serta dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa poses pengembangan yang dilakukan oleh USPPS-BMT Sunan Drajat, yang meliputi pengembangan sumber daya manusia berupa pelatihan dan penambahan tenaga kerja, dalam hal produksi dan operasional berupa penyempurnaan akad yang disesuaikan dengan ketentuan dan fatwa lembaga keuangan syariah, dalam hal financial meliputi pengembangan jumlah pembiayaan dan simpanan serta keuntungan yang didapat, dalam hal pemasaran yang menggunakan promosi pembagian hadiah dengan menarik banyak anggota yang mendaftar, dalam hal kemitraan yang bekerjasama dengan alumni serta berhasil membuka 11 cabang dibeberapa wilayah, dalam hal inrastruktur dan regulasi yang ditandai dengan pembangunan kantor pusat USPPS-BMT Sunan Drajat, serta dalam hal teknologi dengan adanya Mobile-BMT Sunan Drajat. Kontribusi alumni dalam pengembangan paling terlihat dalam proses pemasaran dan kemitraan dengan melakukan promosi melalui media dan jaringan yang dimiliki, hal tesebut berdampak pada ketertarikan masyarakat untuk bergabung menjadi salah satu anggota USPPS-BMT Sunan Drajat, sedangkan dalam hal kemitraan peran alumni terlihat dengan pemberian bantuan berupa fasilitas jaringan yang dimiliki yang memudahkan USPPS-BMT Sunan Drajat membuka cabang dibeberapa wilayah. Peneliti memberikan saran kepada USPPS-BMT Sunan Drajat untuk meningkatkan pengembangan dibidang pemasaran dengan melakukan pengembangan strategi promosi, hal tersebut akan berdampak pada penambahan jumlah dana simpanan dan pembiayaan yang berdampak pada keuntungan yang didapat, sedangkan untuk organisasi alumni agar lebih diperdalam lagi fungsi bantuan pengembangan dibeberapa sektor agar pengembangan lebih optimal dan memberikan dampak yang besar bagi tumbuh kembang USPPS-BMT Sunan Drajat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikry, Muhammad Zakky Zainulzakkyzf@gmail.comG94218204
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Bank Koperasi
Keuangan Islam
Pesantren
Keywords: Pengembangan; USPPS-BMT; alumni
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Zakky Zainul Fikry
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:57
Last Modified: 06 Jun 2023 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62820

Actions (login required)

View Item View Item