Analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban rumah tangga pada pasangan suami istri yang bekerja: studi kasus di Dusun Kalibening Desa Tanggalrejo Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najihah, Lailatun (2023) Analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban rumah tangga pada pasangan suami istri yang bekerja: studi kasus di Dusun Kalibening Desa Tanggalrejo Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatun Najihah_C71219071 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Rumah Tangga Pada Pasangan Suami Istri Yang Bekerja (Studi Kasus di Dusun Kalibening Desa Tanggalrejo Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang)”. Rumusan masalah skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan hak dan kewajiban rumah tangga yang istrinya bekerja membantu mencari nafkah di Dusun Kalibening dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban rumah tangga yang istrinya bekerja membantu mencari nafkah di Dusun Kalibening. Skripsi ini didasarkan permasalahan yang ditemukan di Dusun Kalibening, dimana ada banyak kasus suami istri yang istrinya bekerja demi membantu perekonomian keluarga. Hal ini tentu menarik untuk diteliti menggunakan perspektif hukum Islam termasuk dalam kaitannya dengan pembagian kerja domestik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Oleh sebab itu peneliti melakukan wawancara dengan keluarga yang bersangkutan secara langsung terkait data pelaksanaan hak dan kewajiban rumah tangga mereka. Selanjutnya data yang ditemukan diolah dan dianalisis menggunakan hukum Islam yaitu kompilasi hukum Islam, fikih kontemporer serta fikih mubadalah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, dalam pelaksanaan hak dan kewajiban rumah tangga pada pasangan suami istri yang bekerja di Dusun Kalibening Desa Tanggalrejo terjadi perubahan dimana tugas mencari nafkah tidak hanya dibebankan kepada suami melainkan juga dibebankan kepada istri. Sementara itu, terkait dengan kewajiban urusan domestik kebanyakan masih dibebankan kepada istri meskipun ada juga yang telah menunjukkan keseimbangan. Kedua, jika dianalisis menggunakan kompilasi hukum Islam, fikih kontemporer dan fikih mubadalah terkait hak istri bekerja maka tidak ditemukan pertentangan antara fenomena yang terjadi dengan hukum Islam tersebut. ketika analisis dilanjutkan pada pembagian kerja rumah tangga maka ditemukan bahwa sebagian besar menunjukkan ketidaksesuaian dengan kompilasi hukum Islam, fikih kontemporer dan fikih mubadalah khususnya terkait dengan saling bekerja sama dan keseimbangan hak dan kewajiban. Hal ini karena masih banyak istri yang dibebani dengan pekerjaan domestik meskipun juga harus mencari nafkah untuk keluarga. Akan tetapi ada juga satu kasus yang sudah menunjukkan kesesuaian. Sejalan dengan kesimpulan diatas, bagi suami yang istrinya bekerja membantu perekonomian keluarga suami hendaknya ikut andil membantu istri dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Agar hak dan kewajiban suami istri dalam rumah tangga terjadi keseimbangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najihah, Lailatunlailatunnajihanh7@gmail.comC71219071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNaily, Nabielanaily_iain@yahoo.co.id2026028101
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Keluarga
Keywords: Hak dan kewajiban rumah tangga; pasangan suami istri
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Lailatun Najihah
Date Deposited: 06 Jun 2023 04:29
Last Modified: 06 Jun 2023 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62827

Actions (login required)

View Item View Item