Analisis yuridis terhadap pemenuhan hak pelayanan kesehatan pada narapidana yang hamil dan menyusui: studi di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Semarang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

AlFatih, Moh Abdul Azis (2023) Analisis yuridis terhadap pemenuhan hak pelayanan kesehatan pada narapidana yang hamil dan menyusui: studi di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Semarang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Abdul Azis ALFatih_C01217018 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Yuridis Terhadap Pemenuhan Hak Pelayanan Kesehatan Pada Narapidana Yang Hamil Dan Menyusui (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Seamarang) adalah hasil dari penelitian lapangan dan kepustakaan untuk menjawab mengenai dua pertanyaan, yaitu: Bagaimana pemenuhan hak pelayanan kesehatan narapidana yang hamil dan menyusui di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Semarang; Bagaimana analisis yuridis terhadap pemenuhan hak pelayanan kesehatan narapidana yang hamil dan menyusui di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Semarang? Penelitian kualitatif ini menggunakan data yang diambil dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara sesuai dengan karakter data yang dibutuhkan. Nara sumber utama berasal dari petugas dan narapidana di Lapas Kelas IIA Semarang yang memiliki kondisi hamil dan menyusui. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan metode deskripif analisis dengan pola pikir induktif. Proses penelitian menemukan bahwa pemenuhan hak pelayanan kesehatan pada narapidana yang hamil dan menyusui di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Semarang dilakukan dengan cara mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan dalam peraturan. Proses ini terdiri dari serangkaian proses pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan terhadap narapidana hamil dan menyusui dengan cara memberikan pembinaan, perlengkapan warga binaan perempuan, pemberian makan, pelayanan medis, pelayanan rohani, hiburan dan sarana pra-sarana atau fasilitas serta rangkaian program maupun kegiatan penunjang kebutuhan hak pelayanan kesehatan terhadap narapidana hamil dan menyusui. Penelitian menyimpulkan bahwa upaya lapas telah sesuai Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Lapas Kelas II Semarang tersebut memberikan hak-hak narapidana perempuan yang hamil dan menyusui dalam berbagai aspek, yaitu aspek perlindungan, pelayanan, dan kesejahteraan narapidana yang berada dalam lapas yang menjadi tanggung jawabnya. Namun pada sistem pelayanan medis, masih harus ditingkatkan, yaitu ditambahkan tenaga kesehatan, sarana kesehatan, pendamping psikologis dan dokter kandungan dan dokter anak yang terintegrasidalam pelayanan satu atap di lapas. Selain itu masih perlu diperluas ruangan yang berisi khusus ibu hamil dan menyusui, serta ruang bermain yang ramah anak yang mendukung tumbuh kembang anak yang lahir di lapas. Berdasarkan hasil dari kesimpulan penelitian Skripsi ini memiliki saran kepada lapas perempuan kelas II A Semarang untuk lebih meningkatkan pelayanan dan perlindungan kebutuhan Narapidana, menambah petugas medis, ruang pelayanan, serta beragam kegiatan postif lain yang bertujuan agar para narapidana yang hamil dan menyusui dapat memperoleh beragam hak yang telah dilindungi dan diberikan peraturan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
AlFatih, Moh Abdul Azismuhammadalfatih243@gmail.comC01217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatwa, Fajruddinandifajruddinfatwa@gmail.com2013067602
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Kesehatan
Kesehatan

Kesehatan > Ibu dan Anak - Pelayanan Kesehatan
Kesehatan > Ibu dan Anak - Pelayanan Kesehatan
Keywords: Yuridis; kesehatan; narapidana; hamil; menyusui
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Moh Abdul Azis Al Fatih
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:37
Last Modified: 06 Jun 2023 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62841

Actions (login required)

View Item View Item