Pengembangan bahan ajar tafsir Tarbawi berbasis Mobile Technology pada Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasaruddin, Nasaruddin (2022) Pengembangan bahan ajar tafsir Tarbawi berbasis Mobile Technology pada Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nasaruddin_F53119034_OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Tafsir Tarbawi yang dilaksanakan di Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima masih bersifat konvensional. Para dosen pengampu mata kuliah ini belum menggunakan bahan ajar berbasis media yang dapat mendukung efektivitas pembelajaran, sehingga mahasiswa belum mampu menunjukan hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran. Problematika tersebut menjadi dasar kegelisahan akademik dalam penelitian ini, sehingga mendesak untuk dilakukannya pengembangan bahan ajar Tafsir Tarbawi berbasis mobiletechnology sebagai tuntutan revolusi 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk (1)Menggambarkan dan menganalisis secara mendalambahan ajar Tafsir Tarbawi(2) Mendesaindan pengembangan bahan ajar Tafsir Tarbawiberbasis mobiletechnology(3)Mengukur efektivitas bahan ajar Tafsir TarbawiBerbasis mobiletechnologydi IAI Muhammadiyah Bima. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu:Analyze. Design, Develop, Implementation dan Evaluation. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan mixedmethode, jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, uji Anova dan uji lanjut (post-hoc) yang analisisnya dibantu dengan program SPSS 22. Hasil temuanya adalah (1) Pembelajaran Tafsir Tarbawimasih bersifat konvensional dan berbagai potensi yang dimiliki oleh lembaga dan mahasiswa yang harus dikembangkan. (2) Menghasilkan produk aplikasi yang bernama “Nastatar” aplikasi ini bersifat offline dan online, yang memuat bahan ajar Tafsir Tarbawiyang memiliki beberapa fitur diantaranya adalah, menu dosen, mahasiswa dan tentang aplikasi serta di lengkapi dengan al-Qur’an dan terjemahan 30 Juz.(3) Hasil analisis menunjukan data pada ketigakelas/kelompoktelahberdistribusi normal dan homogen. Hasil uji paired-sample t test menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dengan pemberian treatment berupa aplikasi (baik online maupun offline) signifikan, atau dengan kata lain sangat efektif, sedangkan hasil uji kelompok control menunjukkan hasil sebaliknya. Hasil pengujian Anova menunjukkan ada perbedaan signifikan pembelajaran Tafsir Tarbawi dengan menggunakan aplikasi Nastatar dengan yang tidak menggunakan aplikasi. Hal ini terbukti bahwa harga ρ=0,001<0,05 sehingga hipotesis nihil ditolak, sehingga penggunaan aplikasi Nastatar dalam pembelajaran Tafsir Tarbawi di IAI Muhammadiyah Bima terbukti mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasaruddin, Nasaruddinnasarhb@gmail.comF53119034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com2012046001
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Bahan Ajar; Tafsir Tarbawi; Mobile Technology
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Jun 2023 13:51
Last Modified: 01 Jun 2023 13:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62847

Actions (login required)

View Item View Item