Studi hadis tematik tentang perilaku homoseksual (al-liwath) dalam perspektif Ilmu Kesehatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiana, Tatik (2023) Studi hadis tematik tentang perilaku homoseksual (al-liwath) dalam perspektif Ilmu Kesehatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tatik Lutfiana_E95219100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Homoseksual ialah hubungan seksual antara sesama jenis baik laki-laki dengan laki-laki(Gay) ataupun perempuan dengan perempuan (lesbi), maka dari itu ingin lebih dalam mengkaji tentang hadis-hadis yang menjelaskan mengenai homoseksual tersebut, agar mengetahui bahwa perilaku penyimpangan seksual (al-liwath) merupakan perbuatan yang dilarang dalam Islam. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana makna perilaku homoseksual liwath, bagaimana studi hadis tematik tentang perilaku homoseksual liwath, dan bagaimana relevansi hadis Nabi tentang perilaku homoseksual dalam ilmu kesehatan. Oleh karena itu hadis-hadis tersebut sebagai pengingat bahwa perbuatan tersebut dilarang oleh Allah. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan library research suatu pendekatan yang dimana untuk memahami dengan menggunakan telaah pustaka yang diperoleh dari kitab-kitab, paper, karya ilmiah dan lainya yang pembahasanya relevan. Disamping itu penulis juga menggunakan penedekatan hadis tematik yang digunakan sebagai pendekatan peneliti hadis karena hadis tematik adalah menjelaskan bagaimana tema-tema hadis yang diangkat dari berbagai kitab hadis. Data Primer yang digunakan dalam penelitian ini ialah kitab hadis Bukhori, Muslim, Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majjah, Syu’bal Iman (Imam al-Baihaqi) Musnad Abu Ya’la, dan Musnad Ahmad, serta data sekunder yang berasal dari penelitian literatur yang mempunyai pembahasan relevan terkait objek kajian. Kesimpulan dalam penilitian ini bahwa makna homoseksual ialah ketertarikan seksual pada sesama jenis antara laki-laki dengan laki-laki, dan ada 6 macam tema yang terkait dengan perilaku homoseksual, dan terakhir analisis terkait relevansi hadis tersebut dalam ilmu kesehatan yang dapat menimbulkan bahaya penyakit IMS seperti Klamidia, Gonore, Sifilis, HIV/AIDS

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiana, Tatiktatiklutfiana2@gmail.comE95219100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Agama
Belajar
Hadis
Keywords: Hadis tematik; perilaku homoseksual (al-liwath); Ilmu Kesehatan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Tatik Lutfiana
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:40
Last Modified: 16 Jun 2023 08:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62849

Actions (login required)

View Item View Item