Manajemen pengelolaan wakaf produktif sektor pertanian dengan sistem sewa pada lembaga Muhammadiyah Penatarsewu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alvianto, M. Akbar (2023) Manajemen pengelolaan wakaf produktif sektor pertanian dengan sistem sewa pada lembaga Muhammadiyah Penatarsewu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Akbar Alvianto_G05219014 (1) OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek sistem sewa dalam pengelolaan wakaf produktif sektor pertanian di Lembaga Muhammadiyah mengacu pada ketentuan yang ditetapkan dalam peraturan wakaf Lembaga Muhammadiyah. Manfaat yang didapatkan dalam penyewa tanah wakaf sector pertanian memberikan dampak positif bagi penyewa tanah wakaf untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Manajemen Pengelolaan Tanah wakaf melalui sewa-menyewa. Lembaga Muhammadiyah melibatkan empat peran mendasarkan pada perencanaan (planning) sebagai proses yang melibatkan penggarap itu sendiri, penyewa harta wakaf, dan hasil yang dicapai oleh para pihak Majelis wakaf. Pengorganisasian (organizing) Badan Wakaf terdiri dari berbagai anggota organisasi wakaf Muhammadiyah, termasuk Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan 8 orang anggota Muhammadiyah yang membantu divisi wakaf mengelola tanah wakaf di sektor pertanian. Bahwa proses penggerakkan (actuating) penyewa tanah wakaf dilakukan mekanisme pemilihan penyewa dengan kemampuan penyewa tanah wakaf. Memastikan pengawasan (controlling) bahwa semua tindakan Majelis Wakaf yang telah direncanakan, dikoordinasikan, dan dilaksanakan tetap berjalan sebagaimana mestinya dalam menghadapi berbagai perubahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alvianto, M. Akbarakbaralvianto447@gmail.comG05219014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Thesis advisorAsegaf, M. Maulanam.maulana@uinsby.ac.id2104098701
Subjects: Manajemen
Pertanian
Wakaf
Keywords: Manajemen; Wakaf Produktif; Sektor Pertanian; Sistem Sewa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: M. Akbar Alvianto
Date Deposited: 07 Jun 2023 05:59
Last Modified: 07 Jun 2023 05:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62855

Actions (login required)

View Item View Item