Pengaruh pengungkapan environmental, social, dan governance terhadap kinerja keuangan: studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2019-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Mardhiyah (2023) Pengaruh pengungkapan environmental, social, dan governance terhadap kinerja keuangan: studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2019-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mardhiyah Ulfah_G92219099.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Environmental, Social, dan Governance terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini menggunakan populasi dari semua perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021 dengan sampel sebanyak 147. Penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan Random Effect Model (REM) pada software STATA 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan Environmental, Social, dan Governance tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan. Hasil penelitian ini menolak teori stakeholder yang menyatakan bahwa perusahaan harus mempertimbangkan kepentingan dan memenuhi tuntutan stakeholder dalam menjalankan kegiatan bisnis perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa pengungkapan Environmental, Social, dan Governance di Indonesia masih belum sepenuhnya dilakukan dan kurangnya regulasi dari pemerintah sehingga hanya dianggap informasi tambahan yang kurang diperhatikan oleh stakeholder dalam menentukan keputusan investasi di perusahaan. Jadi, disarankan kepada perusahaan, stakeholder dan pemerintah untuk mempertimbangkan pentingnya pengungkapan Environmental, Social, dan Governance.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, Mardhiyahmardhiyahulfah12@gmail.comG92219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustinhastanti.rahayu@uinsby.ac.id2008088302
Subjects: Akuntansi
Keuangan
Keywords: Pengungkapan environmental; pengungkapan social; pengungkapan governance; kinerja keuangan; bursa efek Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Mardhiyah Ulfah
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:36
Last Modified: 07 Jun 2023 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62859

Actions (login required)

View Item View Item