Makna spiritualitas bagi peziarah Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mulki, Zita Malikal (2023) Makna spiritualitas bagi peziarah Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zita Malikal Mulki_E07219037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai makna spiritualitas peziarah makam Sunan Maulana Malik Ibrahim. Tujuan peneliti mengkaji judul ini karena peneliti merasa banyaknya peziarah yang datang ke makam Sunan Maulana Malik Ibrahim dan apa yang mereka rasakan ketika sedang berziarah terlebih dalam aspek spiritualitas mereka. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metodologi kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan juga wawancara. Hasil penelitian membuktikan bahwa peziarah yang berkunjung ke makam Sunan Maulana Malik Ibrahim ini bertujuan untuk mencari ridho Allah dan makna spiritualitas yang mereka dapat dari berziarah tersebut yaitu hatinya menjadi tenang dan hidupnyapun damai. Namun menurut Imam Ghazali bahwasannya spiritualitas itu sama halnya dengan ma’rifah, hal ini belum cukup menjawab bahwa setiap peziarah yang datang ada di tahap ma’rifah tersebut karena untuk mencapai sana, ada tahapan-tahapan yang perlu di ketahui dan dipelajari. Dengan adanya penelitian ini, penulis berharap agar masyarakat sadar untuk tetap menjaga hubungannya dengan Allah Swt. tidak hanya dengan manusia saja. Selain itu penulis berharap agar masyarakat sadar dengan kondisi spiritualitas mereka, karena meningkatkan spiritualitas itu tidak hanya dengan berziarah ke makam para wali saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mulki, Zita Malikalzitamalikal929@gmail.comE07219037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmujitasmuji@uinsby.ac.id2027096201
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Ziarah Kubur
Spiritualisme
Keywords: Spiritualitas; Wisata Religi; Ziarah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Zita Malikal Mulki
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:47
Last Modified: 09 Jun 2023 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62861

Actions (login required)

View Item View Item