Pengaruh penerapan Good Governance terhadap Kinerja Organisasi: studi empiris pada Kantor SAMSAT Kabupaten Bulungan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Septiniar Dwi (2023) Pengaruh penerapan Good Governance terhadap Kinerja Organisasi: studi empiris pada Kantor SAMSAT Kabupaten Bulungan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septiniar Dwi Kurniawati_G72219071.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Good Governance terhadap kinerja organisasi. Partisipasi, transparansi dan akuntabilitas menjadi prinsip Good Governance pada penelitian ini. Menurut World Bank menyatakan bahwa partisipasi, transparansi dan akuntabilitas diperlukan oleh pemerintah, karena berdasarkan informasi tersebut menjadi bahan pengambilan keputusan pemerintah untuk melakukan perbaikan-perbaikan manajemen dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang lebih baik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode sampel jenuh. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu sebanyak 49 staff/pegawai pada Kantor SAMSAT Kabupaten Bulungan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran angket dan skala likert menjadi alat yang digunakan dalam pengukuran indikasi. Kemudian analisis data penelitian ini menggunakan Uji-t dan Uji-F dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda diperoleh hipotesis yang ada dinyatakan diterima, yaitu “Good Governance berpengaruh terhadap Kinerja Organisasi pada Kantor Samsat Kabupaten Bulungan”. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan analisis bahwa Good Governance mempengaruhi Kinerja Kantor Samsat Kabupaten Bulungan secara positif dan signifikan. Hal tersebut tentunya akan semakin mewujudkan praktek pelayanan publik yang syarat akan prinsip-prinsip Good Governance.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Septiniar Dwisseptiniar@gmail.comG72219071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Akuntansi
Keywords: Good Governance; Kinerja Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Septiniar Dwi Kurniawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:50
Last Modified: 08 Jun 2023 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62864

Actions (login required)

View Item View Item