Algoritma pemrograman perhitungan arah Kiblat metode Sudut Bantu dengan berbasis Android

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Moh Ferry (2023) Algoritma pemrograman perhitungan arah Kiblat metode Sudut Bantu dengan berbasis Android. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Ferry Hidayat_C07217006_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Riset yang dilakukan oleh penulis untuk penyusunan skripsi ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Sumber primer yang penulis gunakan adalah buku dasardasar segitiga bola karya Slamet H.W., dan Software AIDE. Adapun sumber data sekunder yang penulis gunakan adalah jurnal Rumus Cosinus dan Sinus dengan Haversine dalam Perhitungan Arah Kiblat dan Matematika Falak karya Agus Solikin M.S.I. Metode pengumpulan data yang penulis pakai adalah metode dokumentasi (documentation). Hasil dari penelitian ini menjawab dari rumusan masalah yang pertama yakni algoritma pemrograman perhitungan arah kiblat metode sudut bantu adalah dimulai dengan membuat coding User Interface pada Main.xml kemudian membuat Coding rumus dan fungsi pada MainActivity.Java. kedua uji validasi dan verifikasi hasil dari aplikasi dengan hasil perhitungan arah kiblat yang penulis buat pada landasan teori. Sesudah melangsungkan penelitian tentang pemrograman perhitungan arah kiblat metode sudut bantu berbasis android dengan AIDE peneliti memberikan saran, bahwa semakin berkembangnya teknolgi juga menuntut perkembangan ilmu falak dalam bentuk digital agar mudah diakses. Maka diharapkan program ini bisa di tingkatkan mengikuti versi selanjutnya, sehingga dapat berjalan pada sistem operasi lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Moh Ferrymuryyat19@gmail.comC07217006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@GMAIL.COM0716088604
Subjects: Salat
Falak
Keywords: Kiblat; Arah kiblat; Metode Sudut bantu
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Moh Ferry Hidayat
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:33
Last Modified: 08 Jun 2023 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62876

Actions (login required)

View Item View Item