Gerakan perempuan dalam melawan kekerasan seksual di surabaya: tinjauan teori gerakan sosial baru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novia, Reza Harum (2021) Gerakan perempuan dalam melawan kekerasan seksual di surabaya: tinjauan teori gerakan sosial baru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reza Harum Novia_I73216081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bentuk-bentuk gerakan perempuan dalam melawan kekersan seksual di Surabaya. (2) peranan gerakan perempuan dalam melawan kekersan seksual di Surabaya. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori gerakan sosial baru dimana Alain Tourraine mengungkapkan bahwa gerakan sosial merupakan aksi melawan sistem sosial. Aksi yang dilakukan gerakan sosial dapat dilihat sebagai tindakan untuk menuju perubahan yang diharapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penggunaan metode ini berarti peneliti mengumpulkan data melalui wawancara dengan informan. Hasil dari wawancara tersebut lalu dideskripsikan dan dianalisa menggunakan teori yang telah dipilih. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gerakan perempuan dalam melawan kekerasan seksual di Surabaya memiliki berbagai tipe atau corak gerakan. Terdapat dua tipe gerakan perempuan yang ditemukan dalam penelitian ini, tipe A merupakan gerakan yang berfokus pada penanganan perempuan korban kekerasan seksual dan tipe B merupakan gerakan perempuan yang berfokus pada pengembangan diri perempuan. Dalam penelitian ini juga dideskripsikan hambatan yang dihadapi gerakan perempuan dalam penghapusan kekerasan seksual antara lain, kurangnya pemahaman gender yang dimiliki oleh pihak berwajib dan minimnya pengetahuan dasar masyarakat terkait kekerasan seksual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novia, Reza Harumrezaharumnovia@gmail.comI73216081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Gender
Konflik sosial
Keywords: Gerakan perempuan; kekerasan seksual; gerakan sosial baru
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Reza Novia
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:46
Last Modified: 07 Jun 2023 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62878

Actions (login required)

View Item View Item