Analisa kesesuaian budidaya ikan menggunakan sistem keramba di perairan desa kranji Kecamatan Paciran sebagai alternatif pencaharian nelayan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Fandi Achmad (2023) Analisa kesesuaian budidaya ikan menggunakan sistem keramba di perairan desa kranji Kecamatan Paciran sebagai alternatif pencaharian nelayan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fandi Achmad Maulana_H04218003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Potensi sumberdaya perikanan bisa dimanfaatkan dengan cara maksimal dengan metode yang tepat. Perairan Dusun Kranji ialah wilayah perairan yang mempunyai potensi untuk dilakukan kegiatan budidaya perairan terutama budidaya keramba jaring apung. Akan tetapi kegiatan budidaya keramba jaring apung di wilayah perairan Desa Kranji belum dilakukan dikarenakan dalam pengembangan budidaya Keramba Jaring Apung (KJA) harus memenuhi data persyaratan parameter perairan dan kondisi lingkungan untuk itu perlu dilakukan analisa pengembangan keramba jaring apung di perairan Kranji . Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa tingkatan kesesuaian pengembangan KJA. Metode penelitian yang digunakan adalah menganalisa tingkatan kesesuaian pengembangan KJA bersumber pada patokan mutu perairan serta lingkungan yang setelah itu di analisa plot serta pemodelan dengan memakai aplikasi Surfer16. Hasil pengukuran mutu perairan didapat salinitas berkisar antara 32,26- 33,4 ppt, suhu 27,16 - 29,73°C, zat asam terlarut (DO) 6,53- 7,16 ppm, derajat keasaman (pH) 7,16- 7,5. Hasil mutu area didapat batimetri 1 - 9 m, kecepatan arus 0,26 m/ s, kecerahan 3 - 3,8 m. Hasil analisa tingkat kesesuaian serta analisa di Perairan Kranji didapat bahwa di Perairan Kranji tercantum dalam tidak sesuai sesuai bersyarat (S2) dengan luasan lahan 361, 87 Ha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Fandi Achmadfandi06c@gmail.comH04218003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Andik DwiUNSPECIFIED--
Thesis advisorFahmi, Muhammad YunanUNSPECIFIED201409004
Subjects: Ikan
Ilmu Kelautan
Keywords: KJA Farming; grouper fish, site suitability; kranji waters; water parameters
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Fandi Achmad Maulana
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:32
Last Modified: 07 Jun 2023 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62882

Actions (login required)

View Item View Item