Analisis beban kerja dalam peningkatan kinerja pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholifah, Nur (2023) Analisis beban kerja dalam peningkatan kinerja pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Kholifah_B74219054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumen. Teknik validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber. Serta analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Miles dan Huberman dalam Ahmad Rijali. Terdapat beberapa hasil dari pelaksanaan penelitian di Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Instansi tersebut menggunakan Juklak (Petunjuk Pelaksana) sebagai deskripsi pekerjaan. Spesifikasi pekerjaan dengan standar pendidikan Strata 1 (S1). Aspek analisis beban kerja instansi ini meliputi batas waktu penyelesaian beban kerja, target, dan kebutuhan pegawai seperti beban kerja yang sesuai dengan keahlian pegawai. Proses analisis beban kerja meliputi pengumpulan data kinerja pegawai, mengolah data penentuan jumlah pegawai pada beban kerja, peninjauan ulang hasil pengolahan data, dan penetapan hasil pengolahan data pada pegawai. Pengukuran jumlah pegawai dengan menyesuaikan aturan yang telah ditetapkan terkait kelas jabatan. Kemudian manfaat adanya analisis beban kerja untuk dapat menetapkan analisis jabatan dan analisis beban kerja pada periode yang akan datang, meninjau kebutuhan pada masing-masing unit, meninjau pegawai dalam menyelesaikan pekerjaannya, dan kesadaran pegawai terkait beban kerja yang sesuai dengan pendapatan. Evaluasi beban kerja pada Kementerian Agama Kabupaten Kediri ditinjau dari laporan yang berisi hasil kerja pegawai. Komponen penilaian beban kerja meliputi hasil kerja pegawai, hubungan antar rekan, kejujuran, loyalitas, tanggung jawab, kepatuhan, prakarsa, dan absensi. Pengukuran beban kerja yang digunakan yaitu secara objektif dan subjektif. Teknik evaluasi beban kerja yang digunakan adalah umpan balik dalam bentuk meeting. Manfaat evaluasi beban kerja secara organisasi yakni mampu meringankan pekerjaan mendatang, mendapatkan solusi terkait permasalahan instansi, dan sebagai landasan penetapan beban kerja yang akan datang. Manfaat secara personal yakni rasa kepuasan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholifah, Nurnurkholifah140801@gmail.comB74219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601
Subjects: Manajemen Dakwah
Keywords: Analisis beban kerja; Evaluasi beban kerja; Kinerja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Nur Kholifah
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:51
Last Modified: 07 Jun 2023 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62887

Actions (login required)

View Item View Item