Pengaruh halal awareness, Islamic marketing mix, dan Islamic branding terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk Halal Network International (HNI-HPAI)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sekarini, Diah Ayu (2022) Pengaruh halal awareness, Islamic marketing mix, dan Islamic branding terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk Halal Network International (HNI-HPAI). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diah Ayu Sekarini_G04217019_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Halal Awareness, Islamic Marketing Mix, Dan Islamic Branding terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Produk Halal Network International (HNI-HPAI)” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah halal awereness, Islamic marketing mix, dan Islamic branding terhadap keputusan pembelian produk Halal Network International (HNI-HPAI). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner by google form sedangkan untuk pengujian menggunakan instrument uji validitas dan realibilitas. Metode analisisnya menggunakan regresi linier berganda dengan persyaratan yang telah terpenuhi melalui uji asumsi klasik dan ketepatan pengaruh telah diukur pada uji determinasi sedangkan untuk pengujian hipotesisnya menggunakan uji T parsial dan uji F simultan. Hasil penelitian diperoleh persamaan Y = -14.899+ 0,300 X1 + 0,400 X2 + 0,603 X3 ± e dengan perolehan pengujian parsial halal awereness berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian HNI-HPAI dengan mayoritas responden telah menyadari pentingnya kehalalan suatu produk. Berdasarkan dari hasil analisis data variabel Halal Awareness berpengaruh positif dan sigmifikan terhadap pembelian produk HNI-HPAI. Begitu pula variabel Islamic marketing mix dan Islamic branding berpengaruh positif dan signifikan mempunyai pengaruh terhadap pembelian HNI-HPAI, dengan mayoritas responden mengetahui bahwa adanya faktor Islamic marketing mix dalam keputusan pembelian beserta adanya pentingnya label halal dan mengenal produk yang akan dibelinya. Selain itu, halal awareness, Islamic marketing mix, dan Islamic branding mempunyai pengaruh secara simultan yang positif dan signifikan terhadap pembelian HNI-HPAI. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel halal awereness (X1), Islamic marketing mix (X2), dan Islamic branding (X3) secara bersamaan mampu mempengaruhi dalam keputusan pembelian HNI-HPAI. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian lanjutan dengan mengenai faktor-faktor lain yang diperkirakan mampu mempengaruhi keputusan pembelian HNI-HPAI sehingga mampu menghasilkan gambaran yang lebih luas dan terperinci terhadap faktor keputusan pembelian HNI-HPAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sekarini, Diah Ayudiahayusekarini19@gmail.comG04217019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Halal awereness; Islamic marketing mix; Islamic branding, dan keputusan pembelian.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Diah Ayu Sekarini
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:27
Last Modified: 08 Jun 2023 01:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62891

Actions (login required)

View Item View Item