Menangkal radikalisme mahasiswa: studi peran PMII komisariat di Universitas Trunojoyo Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subaidi, Subaidi (2020) Menangkal radikalisme mahasiswa: studi peran PMII komisariat di Universitas Trunojoyo Madura. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Subaidi_F52918027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam perkembangannya, kampus sebagai ruang pergulatan intelektual disebut sebagai medan tempur penyebaran paham radikalisme. Belum kering dalam ingatan, ketika Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan menyatakan sekitar 39% mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi telah terpapar radikalisme.Maraknya radikalisme agama di kampus merupakan tamparan keras bukan saja untuk pihak universitas, tetapi juga bagi organisasi mahasiswa Islam moderat seperti HMI (lahir tahun 1947), PMII (lahir tahun 1960) dan IMM (lahir tahun 1964). Bahkan dapat disebut suatu “kegagalan” organisasi-organisasi ini dalam menghadapi arus pemikiran radikalisme agama yang dihembuskan oleh kelompok Islam “kanan” meminjam istilah Azra. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau yang sering dikenal dengan PMII merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan terbesar di Indonesia yang concern mengawal dan menyebarkan islam moderat di kalangan mahasiswa dan juga berkomitmen mengawal Pancasila termasuk akan melawan setiap kelompok radikal dan anti-pancasila yang berpotensi mengganggu kebinekaan sebagaimana di tegaskan kembali oleh ketua PMII Agus Mulyono Herlambang saat terpilih menjadi Ketua Umum PB PMII pada Kongres PMII 2017 di Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang ditelusuri meliputi data primer dan data sekunder melalui narasumber. Data-data yang dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Data tersebut akan melalui proses analisis deskriptif dan ditulis secara naratif sesuai temuan penelitian. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, menunjukkan bahwa peran PMII Komisariat Universitas Trunojoyo Madura memiliki dampak yang sangat besar terhadap penangkalan faham radikalisme dikalangan mahasiswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subaidi, Subaidiaidiabdillah86@gmailcomF52918027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Husein--2003015601
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Subjects: Ideologi Islam
Jihad
Toleransi Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Peran; PMII; Radikalisme
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Subaidi Subaidi Subaidi
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:49
Last Modified: 08 Jun 2023 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62900

Actions (login required)

View Item View Item