Analisis SWOT dalam pengembangan desa wisata diukur dari tingkat kesejahteraan masyarakat: studi kasus Desa Wisata Lontar Sewu Hendrosari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadana, Safira Putri (2023) Analisis SWOT dalam pengembangan desa wisata diukur dari tingkat kesejahteraan masyarakat: studi kasus Desa Wisata Lontar Sewu Hendrosari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safira Putri Rahmadana_G01219030.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT dalam pengembangan Desa Wisata Lontar Sewu, serta bagaimana tingkat kesejahteraan masyarakat setelah adanya pengembangan Desa Wisata Lontar Sewu dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan Analisis SWOT. Analisis ini berdasarkan pada penalaran yang secara bersamaan dapat meminimalisir kelemahan dan ancaman tapi tetap dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang secara maksimal. Peneliti juga menggunakan teori Indeks Pembangunan Manusia untuk mengukur kesejahteraan masyarakat setelah adanya pengembangan Desa Wisata Lontar Sewu, guna menungkung temuan analisis SWOT. Berdasarkan temuan hasil penelitian, Desa Wisata Lontar Sewu berada pada kelas I baik untuk faktor internal maupun eksternal (positif, positif). Menunjukkan bahwa pengembangan Desa Wisata Lontar Sewu yang kuat, berpeluang dan adapun usulan strategis yang diberikan bersifat agresif. Selanjutnya, tingkat kesejahteraan masyarakat desa Hendrosari juga menunjukkan perubahan dan perlahan mengalami peningkatan sesuai apa yang tercantum dalam teori Indeks Pembangunan Manusia, yaitu Indikator Umur Panjang dan Hidup Layak, Indikator Pengetahuan, serta Indikator Standar Hidup Layak. Adapun saran-saran yang dapat diberikan sebagai pedoman kepada pemerintah desa dan pengelola wisata adalah mengembangkan potensi wisata, membangun dan memperbaiki sarana prasarana wisata serta membangun akomodasi wisata, agar pengelolaan Desa Wisata Lontar Sewu dapat berkembang secara terus menerus dan semakin menarik perhatian banyak wisatawan untuk berkunjung. Kata kunci: analisis SWOT, desa wisata, kesejahteraan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadana, Safira Putrisaffiraputri29@gmail.comG01219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Ekonomi
Kesejahteraan Sosial
Keywords: Analisis SWOT; pengembangan desa wisata; kesejahteraan masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Safira Putri Rahmadana
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:25
Last Modified: 08 Jun 2023 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62903

Actions (login required)

View Item View Item