Strategi konseling Islam dalam mengatasi kecanduan narkoba di Pondok Pesantren Inabah XIX Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tazkiyah, Betti Auliya'ul (2023) Strategi konseling Islam dalam mengatasi kecanduan narkoba di Pondok Pesantren Inabah XIX Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Betti Auliya'ul Tazkiyah_B73219073.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi konseling islam yang digunakan dalam mengatasi kecanduan narkoba di Pondok Pesantren Inabah XIX Gresik? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi strategi konseling islam yang digunakan dalam mengatasi kecanduan narkoba di Pondok Pesantren Inabah XIX Gresik? Tujuan dari metode penelitian yang digunakan dalam pendekatan kualitatif ini adalah untuk membahas strategi yang digunakan Pondok Pesantren Inabah XIX Gresik dalam mengatasi kecanduan narkoba serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian strategi yang digunakan, peneliti menggunakan analisis deskriptif, yang melibatkan pengumpulan dan menyusun data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi konseling di Pondok Pesantren Inabah XIX Gresik adalah dengan menerapkan terapi mandi taubat pada jam dua, sholat berjamaah sholat fardhu dan sholat sunnah, berdzikir dengan metode tarekat qadiriyyah naqsabandiyah. Selain itu faktor pendukung dalam pengimplementasian strategi konseling islam diantaranya adalah : faktor lingkungan, faktor keluarga, motivasi, tenaga profesional dan fasilitas. Sedangkan faktor penghambat seperti suasana hati ketika melakukan layanan konseling dan keluarga yang kurang supportif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tazkiyah, Betti Auliya'ulbettitazkiyah05@gmail.comB73219073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, MohammadUNSPECIFIED197905172009011007
Subjects: Bimbingan Konseling
Pesantren
Spiritualisme
Keywords: Strategi konseling Islam; kecanduan; narkoba
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Unnamed user with email bettitazkiyah05@gmail.com
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:31
Last Modified: 08 Jun 2023 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62905

Actions (login required)

View Item View Item